Pandemi Covid-19, Ini Pejabat yang Hadiri Upacara HUT ke-75 RI di Istana

Oleh Lizsa Egeham pada 26 Jul 2020, 15:51 WIB
Diperbarui 26 Jul 2020, 15:53 WIB
Jokowi Berpakaian Adat Kalsel Pimpin Upacara HUT RI
Perbesar
Presiden Jokowi menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Fariza Putri Salsabila, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di Istana, Jakarta, Kamis (17/8). (Liputan6.com/Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan ke-75 Kemerdekaan RI tetap digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta, pada 17 Agustus 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Selain tak mengundang masyarakat, pejabat yang hadir langsung di Istana pun dibatasi.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang pedoman peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Pejabat yang hadir yakni, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Inspektur Upacara dan Wapres Ma'ruf Amin.

Kemudian, empat pejabat lainnya menjadi petugas upacara. Mereka yakni, Ketua MPR Bambang Soesatyo yang bertugas sebagai pembaca teks proklamasi, Menteri Agama Fachrur Rozie selaku pembaca doa, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Tidak mengundang pejabat dan masyarakat," demikian bunyi surat edaran dikutip Liputan.com, Minggu (26/7/2020).

Adapun para menteri dan pimpinan lembaga negara lainnya diwajibkan mengikuti upacara pengibaran dan penurunan bendera pusaka secara virtual dari kantor masing-masing. Begitu pula dengan kepala daerah harus mengikutinya secara virtual setelah melaksanakan upacara di daerah.

 

 

2 dari 3 halaman

Digelar sederhana

Berbaju Adat Bali, Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-74 RI
Perbesar
Presiden Joko Widodo menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Paskibraka Salma El Mutafaqqiha dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/HO/Kentung)

Pemerintah memastikan, HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka akan digelar secara sederhana namun tetap khidmat. Bahkan, upacara akan dihadiri kurang dari 100 orang.

Petugas yang hadir di Istana hanya terdiri dari satu Komandan Upacara, tiga orang pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang berasal dari cadangan 2019, 20 orang pasukan upacara dari TNI/Polri, 24 orang korps musik, 2 orang MC, serta 17 anggota TNI. Mereka bertugas sebagai pasukan pelaksana tembakan kehormatan saat upacara detik-detik proklamasi.

Upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus di Halaman Istana Merdeka akan dimulai pukul 10.00 WIB dan disiarkan secara virtual. Sementara, upacara penurunan bendera sang saka merah putih akan digelar pukul 17.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓