Sukses

Larang Bawa Anak ke CFD, Anies Baswedan: Jadilah Orangtua Bertanggung Jawab

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan anak-anak sangat rawan tertular Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan anak-anak sangat rawan tertular Covid-19. Oleh karena itu, dia meminta orangtua tidak mengajak anak-anak untuk keluar rumah atau berkegiatan jauh dari rumah. Termasuk datang ke car free day (CFD).

"Jadilah orangtua yang bertanggung jawab, yang sadar bahwa anak-anak punya risiko," kata Anies di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/7/2020).

Apabila diajak keluar rumah, Anies Baswedan menghimbau agar dilakukan di sekitar rumah atau kompleks saja. Itupun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Karena itu kalau bawa anak-anak di lingkungan sekitar rumah saja, yang dekat dari rumah, di kampungnya, di kompleksnya sehingga jauh lebih aman daripada dibawa keluar," terang Anies.

Mantan Mendikbud itu juga mengingatkan, anak-anak dilarang dibawa ke kawasan bersepeda dan CFD, termasuk di kawasan sepeda Sudirman-Thamrin.

Sementara bagi orang dewasa, ia mengingatkan untuk tetap memakai masker saat bersepeda.

"CFD tetap diselenggarakan di Jakarta, ada 30 lokasi disebar tidak hanya di jalan Sudirman dan Thamrin. Lalu kita menyaksikan bahwa volume jumlah masyarakat di jalan Sudirman-Thamrin menjadi kecil. Meskipun tetap banyak orang tapi jauh lebih sedikit dibandingkan sebelumnya. Yang penting adalah bagi masyarakat yang keluar menggunakan masker," kata Anies Baswedan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taat Protokol

Secara umum, Anies berpendapat, masyarakat yang bersepeda pada Minggu ini cukup taat protokol kesehatan

"Kalau kita lihat di sini alhamdulillah, kita bisa lihat sendiri secara umum masyarakat menggunakan masker. Nah kalau ini bisa dijaga, maka berolahraga itu baik-baik saja apalagi di udara terbuka. Tapi yang penting protokol kesehatan terutama masker diikuti," Anies menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.