Sukses

Jokowi Teken Perpres P3B Indonesia dan Kamboja

Peraturan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama khususnya di sektor ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meneken peraturan presiden (perpres) tentang Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda (P3B) dan pencegahan pengelakan terkait pajak penghasilan antara Indonesia dan Kamboja. Peraturan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama khususnya di sektor ekonomi.

"Bahwa untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Kamboja khususnya kerja sama di bidang ekonomi, Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Kamboja perlu membentuk persetujuan di bidang perpajakan yang mengatur mengenai penghindaran pajak berganda dan pencegahan pengelakan pajak yang berkenaan dengan pajak-pajak atas penghasilan," dikutip dalam peraturan bernomer 74 tahun 2020, Minggu (26/7/2020).

Kemudian dalam perpres yang diteken Jokowi pada 2 Juli, menjelaskan bahwa Indonesia dan Kamboja pada 2017 juga telah melakukan persetujuan terkait hal tersebut. Dengan adanya kerja sama tersebut sebagai dasar hukum diberlakukannya persetujuan antara kedua belah pihak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Dasar Hukum

Dalam peraturan tersebut menjelaskan persetujuan yang dimaksud mengatur tentang hal tersebut. Masing-masing negara telah menandatangani P3B secara sirkuler pada 23 Oktober 2017 di Jakarta dan pada 13 Oktober 2017 di Phnom Penh.

"Sebagai dasar hukum bagi pemberlakuan persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Kamboja mengenai penghindaran pajak berganda dan pencegahan pengelakan pajak yang berkenaan dengan pajak-pajak atas penghasilan," dalam Perpres tersebut.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Kamboja ialah salah satu negara berbentuk Monarki Konstitusional yang berada di Asia Tenggara
    Kamboja ialah salah satu negara berbentuk Monarki Konstitusional yang berada di Asia Tenggara

    Kamboja

  • Perpres P3B