Sukses

Kemendagri: Dengan Mesin ADM, Cetak KK dan Akta di Bawah 1 Menit

Untuk mencetak KTP-el butuh waktu kira-kira dua atau tiga menit.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri menghibahkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bagi pemerintah Kota Ambon.

Dirjen Zudan Arif Fakrulloh meminta agar fasilitas ini dipasang di tempat-tempat ramai seperti di mall atau di pusat perkantoran, bukan diletakkan di Dinas Dukcapil. Sebab di Disdukcapil sudah ada layanannya.

Menurut dia, dengan adanya ADM, semuanya akan menjadi mudah.

"Untuk mencetak dokumen kependudukan seperti KK (Kartu Keluarga), akta-akta itu di bawah satu menit. Untuk mencetak KTP-el butuh waktu kira-kira dua atau tiga menit. ADM diberikan gratis kepada Disdukcapil Kota Ambon sebagai apresiasi dari Pak Mendagri Tito Karnavian sekaligus untuk memotivasi daerah lain," kata Zudan, Sabtu (25/7/2020).

Selain ADM, pihaknya juga menyerahkan 2.000 keping dan 8.000 sisanya langsung dibagikan ke kabupaten dan kota lainnya di Maluku.

"Dengan demikian blanko KTP-el bisa memenuhi hingga Agustus 2020,” jelas Zudan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Blanko Habis

Dia berharap tidak ada lagi alasan blanko KTP-el habis dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Kemarin sudah daya cek di Disdukcapil Kota Ambon masih ada 700 keping, ditambah 2.000 keping lagi, jadi masih banyak blanko KTP-el, tidak ada yang kosong,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.