Sukses

Wakil Wali Kota Solo Purnomo Positif Covid-19, 100 Pejabat Pemkot Dites Swab

Menurut Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, beberapa pejabat yang sempat berkontak langsung dengan Purnomo di antaranya Sekda Kota Surakarta Ahyani dan Ketua DPRD Kota Surakarta Budi Prasetyo.

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul dinyatakannya Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif virus corona COVID-19, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta mengikuti tes usap atau swab.

"'Tracing' (penelusuran) sudah dijadwalkan. Bahkan semua OPD (organisasi perangkat daerah) akan di-swab (tes usap) oleh dinas kesehatan," kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo usai mengikuti tes usap di Balai Kota Solo, Sabtu(25/7/2020) dilansir Antara. 

Menurut Rudy, beberapa pejabat yang sempat berkontak langsung dengan Purnomo di antaranya Sekda Kota Surakarta Ahyani dan Ketua DPRD Kota Surakarta Budi Prasetyo. Kurang lebih ada 100 orang yang mengikuti tes usap ini, 

"DKK sudah bertindak secara cepat. Termasuk hari ini keluarga Pak Pur juga di-swab. Mudah-mudahan hasilnya baik semua," katanya.

Sementara itu, kondisi Purnomo saat ini dalam keadaan baik. Meski demikian, Rudy meminta wakilnya itu beristirahat paling tidak selama 14 hari. 

"Setiap hari kami pantau (kondisi Purnomo) melalui Rumah Sakit Bung Karno," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepala Kantor OJK Tes Usap

Selain sempat berkontak dengan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot, diketahui beberapa hari sebelum keluar hasil tes usap, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo mengaku sempat bertemu dengan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta.

Terkait hal itu, Kepala Kantor OJK Surakarta Eko Yunianto mengatakan, setelah memperoleh informasi dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta pada Jumat pagi, 24 Juli kemarin, siang harinya ia dan beberapa pegawai yang sempat kontak langsung dengan Purnomo langsung melakukan tes usap.

"Kami tadi pagi sudah melaporkan ke Ketua Gugus Tugas dan Pak Wali bahwa kami sudah melakukan tes usap. Sementara ini kami karantina mandiri dulu sambil menunggu hasil tesnya keluar," katanya.

Eko mengatakan Purnomo sendiri sempat hadir pada audiensi terkait kapasitasnya sebagai salah satu pemegang saham BPR di Kota Solo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.