Sukses

INFOGRAFIS: Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin?

Hubungan diplomatik Amerika Serikat dengan China semakin panas dalam sepekan terakhir. Muncul kekhawatiran dimulainya era perang dingin antara 2 kekuatan utama ekonomi dunia tersebut.

 

 

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan diplomatik Amerika Serikat dengan China semakin panas dalam sepekan terakhir. Hubungan yang memburuk ini menimbulkan kekhawatiran dimulainya era perang dingin antara 2 kekuatan utama ekonomi dunia tersebut.

Dimulai dari Amerika Serikat yang hanya memberi China waktu selama 72 jam untuk menutup konsulatnya di Houston, Negara Bagian Texas. Tindakan Gedung Putih ini seiring munculnya tuduhan kegiatan spionase 2 warga China.

Pemerintah Beijing tak tinggal diam. China membalas dengan meminta AS menutup konsulat jenderal di Kota Chengdu, Provinsi Sichuan. Gedung harus dikosongkan dalam 72 jam atau pada Senin (27/7/2020) pukul 10.00 waktu setempat.

Ada 8 penyebab utama memburuknya hubungan Amerika Serikat dengan China. Simak dalam Infografis berikut ini:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.