Sukses

Kemendikbud Optimistis Anak Indonesia Mampu Beradaptasi Pasca-Pandemi Covid-19

Dengan tempaan situasi krisis akibat pandemi dan dibekali penguasaan teknologi, menurut Hasan, maka anak-anak Indonesia akan siap menyongsong Genarasi Emas 2045.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muhamad Hasan Chabibie optimistis bahwa anak-anak Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 mampu beradaptasi untuk menghadapi tantangan di masa depan.

"Merasa yakin bahwa masa depan kita itu cerah, bahwa generasi kita itu generasi luar biasa yang bisa melampaui situasi di tengah krisis ini. Yang kemudian Insyaallah mereka akan sanggup beradaptasi dengan perkembangan teknologi, kemudian kerasnya zaman," ucap Hasan dalam acara KIHAJAR atau "Kita Harus Belajar" 2020, Kamis (23/7/2020).

Dengan pelbagai kemampuan teknologi yang saat ini mereka kuasai, kata Hasan, anak-anak akan bisa menggapai impiannya ke depan.

Dia melihat bahwa anak-anak yang saat ini terdampak pandemi Covid-19 dan harus menggunakan berbagai perangkat teknologi dalam kehidupannya merupakan anak pada zamannya, yakni era digitalisasi. 

"Mereka adalah anak-anak zamannya, mereka adalah generasi yang besar dengan ekosistem teknologi yang sudah ada di kanan kirinya. Sementara kita atau ibu/bapak guru atau orangtuanya adalah generasi sebelumnya," jelas Hasan.

Dengan tempaan situasi krisis akibat pandemi dan dibekali penguasaan teknologi, menurut Hasan, maka anak-anak Indonesia akan siap menyongsong Genarasi Emas 2045.

"Kami berharap event KIHAJAR 2020 ini menjadi momentum untuk mengasah itu semua, supaya apa yang kita harapkan, apa yang kita ikhtiarkan tadi bisa terlaksana dan menjadi kenyataan," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KIHAJAR 2020

KIHAJAR 2020 merupakan acara yang dipersembahkan kepada Generasi KIHAJAR (Kita Harus Belajar). Kegiatan tahunan yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2006 oleh Pusdatin Kemendikbud ini kini bertransformasi untuk memacu kompetensi GEN KIHAJAR.

Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR) adalah mereka siswa-siswi yang telah turut serta dalam “Kita Harus Belajar”. Mengembangkan ketrampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21 adalah tujuan utama dari pelaksanaan KIHAJAR tahun 2020. 

Pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari – hari menjadi suatu yang sangat dekat bagi GEN KIHAJAR. Generasi yang dikenal sebagai generasi Digital Native yaitu mereka yang sejak lahir sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai dan internet.

Acara peluncuran KIHAJAR tahun 2020 dilakukan pada 15.00 WIB, Kamis (23/7/2020) dengan menghadirkan Generasi Kihajar dari seluruh jenjang endidikan, serta juga akan hadir penampilan khusus pembacaan puisi dan pantonim dari siswa SDLB Cicendong Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.