Sukses

BNPB Dapat Opini WTP 9 Tahun Berturut-turut, BPK: Capaian Luar Biasa

Achsanul mengatakan, meski BNPB disibukkan dengan penanganan pandemi COVID-19 dan bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, BNPB tetap berkomitmen untuk melakukan tertib administrasi yang akuntabel.

Liputan6.com, Jakarta - Laporan keuangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2019, meraih opini tertinggi yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Menurut Anggota III BPK Achsanul Qosasi, laporan keuangan BNPB sudah sesuai dengan standar akuntasi pemerintahan yang ditetapkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Saya mengapresiasi kinerja BNPB dalam laporan keuangan sehingga bisa mendapatkan opini WTP sembilan tahun terakhir," kata Achsanul dalam siaran pers diterima, Jumat (24/7/2020).

Achsanul mengatakan, meski BNPB disibukkan dengan penanganan pandemi COVID-19 dan bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, BNPB tetap berkomitmen untuk melakukan tertib administrasi yang akuntabel.

"Karena penentuan opini WTP didasarkan pada kesesuaian dengan indikator yang telah ditentukan, pengungkapan informasi laporan keuangan yang jelas dan detail, sistem pengendalian internal lembaga terkait dan pelaksanaan anggaran yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan," jelas dia.

Achsanul menambahkan, transparansi dan akuntabilitas keuanganya BNPB terbilang luar biasa, sehingga dari tahun 2011 selalu meraih wajar tanpa pengecualiaan.

"Ini luar biasa selama sembilan kali berturut-turut,” takjib dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Dipertahankan

Terkait capaian itu, Kepala BNPB Doni Monardo, merasa bangga atas  keberhasilan lembaganya mendapatkan opini WTP. Memurut Doni, hal itu tidak lepas dari dukungan seluruh unsur yang terdapat di BNPB dan pendampingan BPK.

"Sembilan tahun berturut-turut BNPB mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian dari BPK berkat kontribusi Sestama, Irtama dan seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama serta pegawai BNPB dalam meraih opini tertinggi dalam pengelolaan keuangan negara dan hal ini tidak terlepas dari BPK yang senantiasa memberikan pendampingan dalam kegiatan di BNPB,” bangga Doni.

Doni berharap, opini dari BPK menjadi mengingat yang menandakan kinerja baik dalam pengelolaan keuangan BNPB.

"Saya berharap, di tahun-tahun mendatang BNPB tetap dapat mempertahankan bahkan dapat meningkatkan prestasi yang diperolehnya selama ini,” Doni menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.