Sukses

BPK Temukan Aliran Dana Satker ke Rekening Pribadi, Ini Kata Kementerian Agama

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan aliran dana pada satuan kerja Kementerian Agama yang ditransfer ke rekening pribadi pegawai.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan aliran dana pada satuan kerja Kementerian Agama yang ditransfer ke rekening pribadi pegawai.

Temuan ini diperoleh di satuan kerja Eselon I Pusat, Kanwil, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) kala BPK RI memeriksa laporan keuangan 2019.

Plt Irjen Kementerian Agama, M Thambrin, angkat suara terkait temuan BPK ini. 

"Seluruh temuan tersebut sudah ditindaklanjuti oleh Tim APIP/Itjen Kemenag yang selalu berkoordinasi dengan BPK RI. Tindaklanjut dilakukan dengan pengembalian ke kas negara/BLU dan penyampaian bukti pelaporan kegiatan," kata Thambrin lewat siaran tertulisnya, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Dia mengaku, kementeriannya sudah menjelaskan kepada BPK RI saat pemeriksaan satker, dengan setor ke kas negara/BLU dan penyampaian bukti pelaporan pelaksanaan kegiatan.

"BPK RI sudah menerima dan memahami penjelasannya sehingga Laporan Keuangan Kementerian Agama tahun 2019 mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian," jelas Thambrin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Instruksi Menag

Thambrin menyampaikan, sesuai arahan Menteri Agama, jajarannya diminta lebih memperketat pengelolaan dan pelaksanaan keuangan negara.

"Ini diharap agar mekanisme transfer ke rekening pribadi tidak terulang lagi pada tahun anggaran berikutnya," Thambrin menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.