Sukses

Perkuat Pola Asuh Anak, Kementerian PPPA Buat Program Konseling Orangtua di Tiap Daerah

Bintang mengamini, keberadaan Puspaga sampai saat ini beum merata di tiap provinsi kab/kota di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, meminta para orangtua mengoptimalkan kehadiran Pusat Pembedayaan Keluarga atau Puspaga. Tujuannya, sebagai wadah konsultasi terhadap pola asuh anak yang lebih baik.

"Jadi penguatan keluarga ini, kami di Kemen PPPA ada yang namanya Puspaga, karena dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai pusat konsultasi suami dan istri juga didampingi anak," kata Bintang dalam diskusi daring bertema Hari Anak Nasional: Anak Terlindungi Indonesia Maju," Rabu (22/7/2020). 

Bintang mengamini, keberadaan Puspaga sampai saat ini beum merata di tiap provinsi kab/kota di seluruh Indonesia. Jumlahnya baru tersebar di 135 titik di seluruh Indonesia. Kendati demikian, dia berharap di titik yang sudah tersedia Puspaga dapat memanfaatkannya dengan optimal.

"Puspaga dapat digunakan sebagai pola pengasuhan, apalagi di situasi pandemi, memang ini situasi sangat sulit bagi kita," ujar Bintang.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ringankan Kerja Orangtua

Bintang menambahkan, Puspaga dapat juga bermanfaat dalam meringankan kerja ekstra para orangtua untuk mendampingi dan memantau perkembangan anak, khususnya di era digital dan pademi. 

"Di era digital memamg sangat sulit, di era biasa saja mendidik anak itu sulit, apalagi di era tanpa batas seperti sekarang. Puspaga dapat mendampingi dalam proses belajar dan memantau perkembangan anak," Bintang menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.