Sukses

Menteri PPPA: Mengasuh Anak Tugas Bersama Ayah dan Ibu

Bintang menambahkan, kodrat perempuan terhadap anak hanya tiga. Pertama mengandung, kedua melahirkan, dan ketiga menyusui.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan, salah satu isu prioritas yang diemban kementeriannya adalah peran keluarga dalam pengasuhan anak. Menurutnya, ada stigma mengenai tanggung jawab dan kodrat mengasuh hanya dibebankan kepada seorang ibu.

"Mengasuh anak itu tidak hanya tugas daripada ibu, dan sering disampaikan oleh khalayak bahwa pengasuhan itu kodrat perempuan. Padahal itu tugas bersama, ayah dan bunda mendampingi sang anak," kata Bintang dalam diskusi daring bertema Hari Anak Nasional: Anak Terlindungi Indonesia Maju," Rabu (22/7/2020).

Bintang menambahkan, kodrat perempuan terhadap anak hanya tiga. Pertama mengandung, kedua melahirkan, dan ketiga menyusui.

"Jadi berkait pengasuhan di keluarga adalah tugas bersama," jelas dia.

Karenanya, Bintang menegaskan, saat ini salah satu program kerja di kementeriannya adalah meluruskan pola pikir keliru terkait pola pengasuhan terhadap anak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadikan anak pandai dan berahlak baik

Harapannya, bila kedua orangtuanya dapat memberi perhatian lebih saat mengasuh anak, maka anak Indonesia tidak hanya pandai tetapi juga berahlak baik.

"Kita bisa melahirkan anak berkualitas yang berkarakter, sehat mental dan spiritual dan ini perlu kerja sama tim di dalam rumah tangga berkait dengan pengasuhan," tandas Bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.