Sukses

Bantu Korban Banjir Bandang, JK Kirim Kendaraan Taktis ke Masamba Luwu Utara

JK miminta PMI untuk melakukan operasi evakuasi dan lainnya di wilayah Luwu Utara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komite Operasi PMI Pusat, Husain Abdulllah mengonfirmasi pengiriman satu unit kendaraan hagglund untuk digunakan sebagai kendaraan taktis di kota Masamba kabupaten Luwu Utara yang tertimpa bencana banjir bandang Selasa dini hari lalu (14/07/2020).

"Kendaraan hagglund ini dapat beroperasi di medan yang berlumpur yang tidak mudah dilalui kendaraan pada umumnya," tulis Husain dalam siaran pers diterima, Jumat (17/7/2020).

Husain menambahkan, rencananya mobil segala medan ini akan diberangkatkan pada hari ini, jumat (17/07/2020) via kapal laut dan diperkirakan akan tiba di Makassar senin (20/07/2020).

"Selanjutnya akan langsung dibawa ke lokasi bencana (Luwu Utara)," jelas dia.

Sebagai informasi, pengiriman kendaraan ini atas instruksi Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla. Pria karib disapa JK itu miminta PMI untuk melakukan bantuan operasi evakuasi dan operasi lainnya di wilayah Luwu Utara tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digunakan di Lokasi Bencana

"Karena mobil hagglund ini sering digunakan oleh PMI di daerah bencana alam yang sulit dijangkau oleh kendaraan lainnya,seperti tsunami Aceh,gunung merapi, gempa dan tsunami Palu,tanah longsor Jawa Barat dan beberapa kota lainnya yang pernah mengalami bencana," Husain menandasi.

Diketahui, Banjir Bandang di Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan yang merusak puluhan rumah warga dan mengakibatkan puluhan orang meninggal terjadi selasa dini hari lalu. Hingga saat ini proses pemulihan sisa banjir masih berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.