Rumah Sakit Antam Medika Memiliki Fasilitas Penanganan Pasien Covid-19

Oleh Gilar Ramdhani pada 16 Jul 2020, 22:58 WIB
Diperbarui 16 Jul 2020, 22:58 WIB
Rumah Sakit Antam Medika Memiliki Fasilitas Penanganan Pasien Covid-19
Perbesar
RSAM memiliki fasilitas Intensive Care Unit (ICU) khusus dan peralatan kesehatan penunjang penanganan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit BUMN yang siap menangani pasien Covid-19 kini bertambah. PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang juga anak usaha dari MIND ID menyatakan Rumah Sakit Antam Medika (RSAM) siap menangani pasien Covid-19 dan berperan aktif mendukung mempercepat penanganan pandemi.

Direktur SDM Antam Luki Setiawan Suardi mengatakan pihaknya telah melengkapi fasilitas penanganan Covid-19 di Rumah Sakit Antam Medika

“Kami telah melengkapi RSAM dengan fasilitas Intensive Care Unit (ICU) khusus dan peralatan kesehatan penunjang penanganan Covid-19, agar bisa menangani pasien corona di wilayah Jabodetabek,” kata Luki dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, Antam juga melakukan perbaikan fasilitas perawatan di rumah sakit afiliasi tersebut untuk melayani pasien Covid-19 dan diharapkan dapat menjadi salah satu rumah sakit rujukan. 

“Melalui persiapan RSAM sebagai salah satu rumah sakit yang bisa melakukan penanganan pasien Covid-19, diharapkan RSAM akan berperan strategis untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia,” tambahnya.

Menurut Luki, Antam telah melakukan persiapan rumah sakit untuk menangani Covid-19 sejak Mei lalu.

“Kami bersinergi dengan BUMN lain dalam percepatan persiapan RSAM ready Covid-19 sehingga proses pengerjaan fasilitas dan pengadaan peralatan kesehatan yang diperlukan dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat,” jelasnya.

Sebelumnya, Antam dan anak usahanya PT Gag Nikel juga menyalurkan bantuan Polymerase Chain Reaction (PCR) di sekitar wilayah operasi sebagai komitmen tanjung jawab perusahaan.

“Kami menyalurkan PCR kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayah Bogor, Jawa Barat dan Raja Ampat, Papua Barat sebagai bentuk kontribusi dalam penanganan Pandemi Covid-19,” imbuhnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Antam Salurkan Rp8,6 Miliar untuk Bantuan Covid-19

Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Antam juga bekerjasama dengan stakeholder di seluruh wilayah operasi untuk mendukung program penanggulangan Covid-19. 

Luki memaparkan, Antam bersama gugus tugas dan pemerintah daerah yang ada di wilayah operasi secara berkala melakukan sosialisasi kepada masyarakat, serta inisiasi portable handwash, APD untuk tenaga medis dan bantuan bahan makanan pokok melalui program tanggung jawab sosial Perusahaan.  

“Hingga Juni 2020 ini, Antam merealisasikan total Rp8,6 miliar untuk bantuan penanganan Covid-19 di sekitar wilayah operasi,” kata Luki. Luki menambahkan, perusahaannya telah menerapkan protokol kesehatan dan kesiapsiagaan Holding Industri Pertambangan-MIND ID secara ketat di seluruh area tambang dan pabrik. 

Dalam melaksanakan operasinya, Antam memastikan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat. Luki memaparkan, pengecekan suhu, penerapan phisycal distancing, dan penggunaan masker wajib dilakukan selama berada di area operasi ANTAM.

“Hal ini dilakukan demi memastikan kegiatan operasional tetap berjalan sehingga bisa tetap menggerakan perekonomian daerah,” tutup Luki.

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya