Sukses

Pesan Menpora Saat Peresmian Pelatihan Webinar Sportourism

Menurut menpora, generasi muda ditantang harus mampu mengelola tujuan pariwisata olahraga dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali resmi membuka kegiatan webinar pelatihan pemuda penggerak pariwisata olahraga atau sportourism melalui aplikasi Zoom, Kamis (16/7).

Bersama Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Menpora ingin Indonesia harus menjadi salah satu tujuan pariwisata olahraga dengan memanfaatkan sumber daya alam yang luar biasa.

“Kita membicarakan tentang sportourism, tentu ini menjadi penting sebagai bangsa dan negara yang kaya (sumber daya alam) dengan berbagai hal serta bisa dinikmati oleh siapa pun di Indonesia, begitu indah. Juga budaya yang beragam. Tidak kalah dengan negara lain, sangat pantas Indonesia merupakan tempat tujuan pariwisata olahraga,” kata Menpora.

Dengan sumber daya yang  berlimpah, menurut Menpora, ini menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa. Sebab, masyarakat, khususnya anak muda ditantang harus bisa mengelolanya dengan baik. Agar bisa dinikmati oleh wisatawan. Sehingga, tujuan Indonesia menjadi pilihan untuk pariwisata olahraga bisa tercapai dengan baik.

“Kita punya sumber daya berlimpah, melayani pariwisata. Itu tantangan kita. Salah satu unsur penting pariwisata adalah wisata olahraga. Kami dari Kemenpora tentu mendorong program ini atas dukungan Komisi X DPR. Kita serius untuk mengembangkan program sportourism. Karena sportourism sekarang ini sudah jadi tren untuk dikembangkan, dan untuk penggeraknya adalah kaum muda kita,” ujar Menpora.

Menpora mencontohkan, wisata alam di Indonesia ada banyak. Seperti gunung, laut, hingga pantai. Ada olahraga yang bisa dilakukan disana. Selain itu, olahraga tradisional juga banyak yang bisa dilaksanakan, dan ini bisa menjadi tontonan yang menarik bagi yang berwisata.

“Nah, masalahnya adalah kemampuan kita untuk mengemasnya. Misalnya bisa mempromosikan paket wisata disitu secara luas. Tujuannya adalah Indonesia sebagai olahraga pariwisata. Saya harap kita bisa ada rekomendasi penting yang dihasilkan dari sini. Banyak contoh negara yang sudah mendorong itu,” jelas Menpora.

“Saya harap ada rekomendasi penting yang dihasilkan dari sini. Harusnya kita mampu mengemas dan menyiapkan ini. Bisa kita kembangkan, suatu saat Indonesia bisa jadi tujuan pariwisata olahraga. Karena iklim kita sangat mendukung. Kemenpora tentu menerima masukan dari semua pihak terkait ini, karena sinergi itu sangat penting,” tambah Menpora.

Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menyambut baik webinar yang diselenggarakan ini. Syaiful ingin, dunia pariwisata dan olahraga secara bersama-sama memajukan sport tourism.

“Kalau saya boleh istilahkan yaitu mengawinkan dunia pariwisata dan olahraga. Semua destinasi diharap bisa diselenggarakan sportourism. Dengan itu, saya harap ada kompetisi-kompetisi nantinya dan semoga akan lahir atlet yang hebat,” ujarnya.

Syaiful juga berbicara mengenai Piala Dunia U-20 2021. Dia harap event tersebut bisa sukses. Anak muda juga didorong menjadi relawan dan mengkampanyekan Piala Dunia U-20 2021.

“Kita butuh percepatan, semoga Piala Dunia nantinya bisa sukes. Saya dorong betul libatkan anak muda hingga youtuber-youtuber untuk mengkampanyekan penyelenggaraan itu,” terangnya.

 

(*)

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini