Sukses

Wagub DKI: Siswa dan Guru Harus Tetap Tangguh Belajar di Masa Pandemi

Ia juga berharap kegiatan MPLS dan Matsama dapat memotivasi dan membangun komunikasi dalam membangun kolaborasi yang tangguh

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak seluruh peserta didik dan guru tetap tangguh di masa pandemi Covid-19. Terlebih, untuk pertama kalinya, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh saat ini.

"Diharapkan dapat menumbuhkan semangat baru bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan untuk kegiatan pembelajaran yang berkualitas dalam masa PSBB transisi, serta terbangunnya kolaborasi antara satuan pendidikan dengan orangtua peserta didik,” pesan Ariza saat pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) secara online, Senin (13/7/2020).

Ariza juga berharap kegiatan MPLS dan Matsama dapat memotivasi dan membangun komunikasi dalam membangun kolaborasi yang tangguh dengan mencapai pendidikan yang tuntas dan berkualitas untuk semua pihak.

Diketahui, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Pendidikan Nomor 467 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 dan kesiapan dimulainya kegiatan belajar dan mengajar, Tahun Pelajaran kali ini berbeda dengan Tahun Pelajaran sebelumnya.

Pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar dan mengajar di DKI Jakarta dilakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejak 16 Maret 2020. Memasuki Tahun Pelajaran 2020/2021 di tengah pandemi, PJJ tetap diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Oleh karena itu, Riza meminta seluruh jajaran yang terlibat pada kegiatan MPLS dan Matsama untuk senantiasa berpegang teguh pada prinsip dan tujuan, serta disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

"Hal itu karena pandemi Covid-19 belum berakhir dan kasus Covid-19 semakin bertambah dari waktu ke waktu," tutur Ariza Patria.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Semangat

Meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, dia berpesan kepada setiap peserta didik untuk tetap semangat sebagai generasi penerus masa depan bangsa.

Untuk waktu pelaksanaan MPLS dan Matsama Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 diadakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 Juli 2020, dengan waktu pelaksanaan yang disesuaikan menurut jenjang pendidikannya. Informasi lengkap pelaksanaan MPLS dan MATSAMA dapat diakses pada portal Siap Belajar Jakarta (siapbelajar.jakarta.go.id).

Kegiatan tersebut diikuti pula oleh 500 peserta, di antaranya adalah Komisioner KPAI; Sekda Provinsi DKI Jakarta, Saefullah; Deputi Gubernur Bidang Kependudukan dan Pengendalian Permukiman Provinsi DKI Jakarta, Sri Suhartini; dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Saiful Mujab.

Reporter: Yunita Amalia

Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.