Sukses

MUI: Seni Berbudaya Positif Selaraskan Dengan Kaidah Islam

Menurut MUI, umat Islam perlu menyadari bahwa seni berbudaya menurut kaidah Islam mesti disajikan sebagai alternatif dari arus budaya yang negatif.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa'adi, mengapresiasi rapat Koordinasi Nasional Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam (KPSBI) MUI.

Menurutnya, kegiatan ini dapat terus membuka harapan umat terhadap warisan seni dan budaya Islam.

"Rakornas sebagai ikhtiar KPSBI MUI dalam mengambil peran himayatul ummah, yaitu melindungi umat dari seni dan budaya yang tidak disesuai dengan karakter Islam wasathiyah, Islam rahmatan lil alamin," kata pria yang juga menjabat wakil menteri agama ini lewat siaran pers yang diterima, Sabtu, (11/7/2020).

Zainut menyampaikan, secara historis Indonesia sejak dulu telah meresepsi dan mengharmonisasi berbagai budaya yang berasal dari bangsa China, India, Arab, dan Eropa. Karenanya tercipta akulturasi dan kontribusi terbentuknya peradaban nusantara kini.

"Jejak akulturasi dapat ditelusuri dari karya seni budaya Indonesia yang terpengaruh budaya bangsa asalnya tadi. Seperti arsitektur dan kaligrafi yang terpengaruh budaya timur tengah," beber Zainut.

Bahkan menurut Zainut, karya seni musik dangdut atau orkes melayu yang terpengaruh tradisi musik India dan timur tengah, juga musik modern Indonesia yang juga dipengaruhi Eropa.

"Ini pengaruh budaya lain pada seni tari, sinematografi, hingga seni kuliner," lanjut dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seni Menurut Kaidah Islam

Namun demikian, seni menurut pandangannya, ada yang positif, namun ada juga yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Maka dari itu, umat Islam perlu menyadari bahwa seni berbudaya menurut kaidah Islam mesti disajikan sebagai alternatif dari arus budaya yang negatif.

"Peran ulama secara historis terbukti berhasil turut membangun Indonesia yang berkeadaban melalui seni sebagai media dakwah," beber dia.

Sebagai informasi, Rakornas ini mengusung tema "Penguatan Strategi Seni Budaya Islam untuk Indonesia Berkeadaban".

Turut hadir sebagai nara sumber, yaitu Ketua MUI Bidang PSBI Sodikun, sastrawan Habiburrahman El Shirazy yang sekaligus Ketua KPSBI MUI, dan Produserfilm "The Battle of Surabaya" Prof Suyanto.

Kegiatan ini juga diikuti oleh seniman budayawan Islam seperti Erick Yusuf, serta alim ulama dari seluruh Indonesia yang peduli seni budaya Islam Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Seni