Sukses

Jumlah Pasien Covid-19 Tembus Angka Rekor, Ini Penjelasan Jubir Corona

Penambahan jumlah pasien covid-19 per hari ini mencapai rekor yang menyentuh angka 1.853 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Penambahan jumlah pasien covid-19 per hari ini mencapai rekor yang menyentuh angka 1.853 orang. Namun menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, melonjaknya angka pasien covid yang cukup drastis ini bukan berarti meningkat pula pasien yang dirawat di rumah sakit.

"Saudara-saudara penambahan kasus covid-19 yang cukup banyak 1.853 ini tidak serta merta meningkatkan secara signifikan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit. Karena sebagian besar pasien yang didapat ini adalah orang-orang yang dengan gejala minimal atau gejala yang sangat sedikit," ucap Yurianto dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta pada Rabu (8/7/2020).

Kata Yurianto, sebagian besar dari mereka tidak merasakan sakit sehingga tak ada indikasi untuk kewajiban diisolasi di rumah sakit.

"Namun kita meminta mereka melaksanakan isolasi secara mandiri dengan mematuhi secara ketat tentang pedoman pelaksanaan isolasi mandiri di rumah," kata Yurianto.

Supaya, lanjut Yurianto mereka tidak menjadi sumber penularan baru di tengah masyarakat. Yuri juga menjelaskan bahwa gambaran tersebut memberikan tanda bagi kita bahwa masih banyak kelompok masyarakat yang rentan tertular Covid-19 belum disiplin patuhi protokol kesehatan.

"Ini menjadi hal yang penting karena di dalam kaitan aktivitas produktif yang dilakukan saat ini persyaratan untuk aman, persyaratan untuk secara disiplin menjalankan protokol kesehatan menjadi mutlak untuk dilaksanakan," tegas Yurianto.

Yurianto mengharapkan hal itu menjadi kesadaran kita bersama agar penularan Corona di masyarakat bisa dihentikan atau paling tidak dikendalikan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Kasus Meninggal

Achmad Yurianto juga mengatakan, ada 50 pasien Corona meninggal dunia pada hari ini, Rabu (8/7/2020).

"Jumlah akumulatif pasien positif yang meninggal berjumlah 3.359 orang," ujar Yurianto.

Kemudian, untuk jumlah pasien sembuh ada 800 orang pada hari ini. Jadi, total akumulatifnya, sebanyak 31.585 orang dinyatakan sembuh dan negatif Corona Covid-19 hingga saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.