Bamsoet: Sidang MPR Digelar 14 Agustus, Jokowi Akan Hadir Langsung

Oleh Lizsa Egeham pada 08 Jul 2020, 13:37 WIB
Diperbarui 08 Jul 2020, 13:38 WIB
Pidato Presiden Jokowi Di Sidang Tahunan
Perbesar
Jajaran menteri Kabinet Kerja menghadiri Sidang Tahunan MPR 2018 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8). Pada Sidang Tahunan MPR RI 2018 kali ini, Presiden RI Joko Widodo akan menyampaikan pidato kenegaraan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo memastikan sidang tahunan akan tetap digelar meski dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19). Sidang tahunan MPR setiap tahunnya digelar di gedung parlemen menjelang HUT Kemerdekaan RI.

Hal ini disampaikan Bamsoet usai Pimpinan MPR RI menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowo di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (8/7/2020). Dia menyebut sidang tahunan MPR akan dimajukan menjadi 14 Agustus.

"Pagi ini kami seluruh pimpinan MPR diterima oleh presiden untuk melakukan rapat konsultasi bersama. Terutama terkait dengan persiapan sidang tahunan yang akan kita selenggarakan pada tanggal 14 Agustus," kata Bamsoet kepada wartawan usai pertemuan, Rabu.

Sidang tahunan MPR biasanya digelar pada 16 Agustus. Namun, lantaran tahun ini 16 Agustus jatuh pada hari Minggu maka sidang tahunan MPR dipercepat.

"Sebagaimana diketahui, kebiasaan kita (sidang tahunan) tanggal 16 Agustus. Namun, karena tanggal 16 jatuh pada hari Minggu, maka majukan pada hari Jumat tanggal 14 Agustus," kata Bamseot.

2 dari 2 halaman

Jokowi Hadir

Menurut dia, Presiden Jokowi akan hadir langsung untuk membacakan pidato kenegaraan di sidang tahunan. Kendati begitu, sidang tahunan digelar dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

"Karena bagaimana pun juga apa yang disampaikan presiden kita harus beradaptasi. Maka itu harus kita artikan kehidupan harus terus berjalan, kerja-kerja untuk bangsa dan negara harus terus dilanjutkan," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓