Sukses

BMKG: Gempa yang Getarkan Jakarta Berpusat di Rangkasbitung Banten

BMKG menyatakan, gempa tersebut terjadi pada pukul 11.44 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian warga di wilayah Jakarta, Depok dan sekitarnya merasakan gempar Selasa, 7 Juli 2020. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan getaran itu disebabkan gempa berkekuatan Magnitudo 5,4.

"Pusat gempa berada di 18 km barat daya Rangkas Bitung, Banten, 95 km barat daya Jakarta, dengan kedalaman 82 Km,” tulis BMKG.

BMKG menyatakan, gempa tersebut terjadi pada pukul 11.44 WIB. 

"Gempa tidak berpotensi tsunami,” ucap BMKG.

Sebelumnya, Hari, salah seorang warga Karadenan, Kabupaten Bogor, mengatakan bahwa dirinya terkejut saat rumahnya bergetar dan suara gemerutuk dari atap, Selasa (7/7/2020) sekitar pukul 11. 46 WIB.

"Tiba-tiba kaki berasa diayun," kata Hari kepada Liputan6.com.

Sinta, salah seorang penghuni apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan, menuturkan gempa terasa sekitar pukul 11.44 WIB.

"Tiba-tiba ada goncangan jedug, gede dan keras. Lagi duduk di kursi, sampai terlonjak dari kursi. Sekali saja jedugnya. selanjutnya terasa mengayun. air di galon bergoyang," ujar Sinta yang tinggal di lantai tujuh ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Jakarta