Sukses

Kembali Dibuka, Camping Ground dan Curug di Cidahu Diserbu Pengunjung

Site Wisata Cidahu menjadi objek wisata alam di bawah pengelolaan Balai TNGHS yang dibuka pertama dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan wisata alam yang ada di wilayah Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dibuka kembali pada Sabtu (4/7/2020) kemarin.

Sejak hari pertama dibuka, objek wisata alam seperti camping ground, wisata panorama, dan air terjun ini langsung diserbu oleh pengunjung lokal maupun dari berbagai daerah untuk berkemah maupun sekadar menikmati panorama Gunung Salak.

Pengunjung tampak antre dengan tertib untuk membayar tiket masuk di loket kawasan Site Wisata Cidahu.

Balai Taman Nasional Halimun Salak (TNGHS) selaku pengelola objek wisata menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung, seperti pengecekan suhu tubuh, mewajibkan cuci tangan, dan membagikan masker.

Kepala Seksi Resor Kawah Ratu, Gun Gun mengatakan, sejak dibuka Sabtu kemarin, jumlah kunjungan ke kawasan Site Wisata Cidahu cukup banyak.

"Jumlah kunjungan dari kemarin sampai dengan hari ini jam 11.00 siang cukup ramai," kata Gun Gun, Minggu (5/7/2020).

Namun demikian, pihak pengelola membatasi jumlah wisatawan yang akan berkemah, menikmati panorama alam, maupun berkunjung ke beberapa air terjun di kawasan Resor Cidahu.

"Kuotanya dibatasi 481 orang. Misalnya sampai jam 11 siang jumlah pengunjung sudah sesuai kuota. Yang akan masuk kita tahan dulu, nunggu di dalam ada yang keluar. Tapi hari kemarin semua bisa masuk, karena ada pengunjung yang keluar juga sebelum jam 4 sore," ujar Gun Gun.

Site Wisata Cidahu menjadi salah satu kawasan objek wisata alam di bawah pengelolaan Balai TNGHS yang dibuka pertama dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pembukaan wisata alam di wilayah itu karena dinilai sudah sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP) baru dengan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi corona. Di samping itu, Sukabumi berada di level zona biru Covid-19.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya Empat Curug

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati Sukabumi, tempat wisata alam jenis berkemah, panorama, dan air terjun sudah bisa beroperasi namun secara bertahap. Terlebih, Site Wisata Cidahu sudah mempersiapkan protokol kesehatan sejak jauh-jauh hari.

Wisata alam yang berada di kaki Gunung Salak tersebut memiliki pemandangan cukup indah. Di kawasan itu terdapat empat curug di antaranya Curug Sawer serta Curug Undak Dua.

Di sana, pengelola juga menyediakan area camping ground bagi wisatawan yang hobi berkemah. Selain itu, terdapat spot-spot foto yang memukau dengan latar belakang Gunung Salak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.