Megawati Minta Kepala Daerah dari PDIP Siaga Pangan Hadapi Covid-19

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 02 Jul 2020, 20:13 WIB
Diperbarui 02 Jul 2020, 20:13 WIB
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri (Putu Merta Surya Putra/Liputan6.com)
Perbesar
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri (Putu Merta Surya Putra/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menggelar rapat koordinasi bersama seluruh kepala daerah dari partainya untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Megawati menuturkan tak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir. Itu sebabnya dia menginstruksikan para kepala daerah yang diusung PDIP untuk mengatasi masalah defisit pangan.

"Kita harus sedia payung sebelum hujan. Kita tak tahu Covid-19 ini berapa lama sementara harga bahan pangan bisa semakin mahal. Jadi perlu makanan pendamping beras," kata Megawati dalam keterangannya, Kamis (2/7/2020).

Dia pun meminta, bagi Kepala Daerah yang belum bergerak, harus mulai dari sekarang. Dan bisa mencontoh dan belajar dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Kepala daerah yang belum mulai segera mulai. Kepala daerah yang belum mengerti silakan bertanya ke Bu Risma. Saya minta semua daerah bahu membahu. Kita harus sedia payung sebelum hujan. Program ini saya pantau dalam tiga bulan mendatang, realtime," ungkap Megawati.

Dia pun mendorong agar para kepala daerah menciptakan ketersediaan dan kedaulatan pangan. Jangan hanya bergantung terus ke pemerintah pusat atau bergantung ke APBD. Megawati meminta mereka jangan banyak berilusi.

"Para kepala daerah tolong pikirkan jangan diam. Harus melakukan sesuatu untuk daerah masing-masing," tegas Megawati.

2 dari 2 halaman

Diikuti Sejumlah Kepala Daerah

Adapun, sejumlah kepala daerah memberikan laporan terkait program tersebut sebelum Megawati memberikan arahan. Seperti Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Bupati Boalemo Darwis Moridu.

Ketua DPR RI Puan Maharani juga menyampaikan paparan dalam rapat. Puan mendorong agar koordinasi dan sinergi eksekutif dan legislatif di setiap daerah bisa berjalan dengan baik.

Diketahui, rapat dihadiri fungsionaris DPP Partai dan para Kepala Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota PDI Perjuangan se-Indonesia. Seluruh peserta menggunakan baju partai dan memposisikan layaknya rapat pada umumnya. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjadi moderator dalam rapat itu.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait