Sukses

Anies: Bawa Kantong Sendiri Kalau Belanja

Himbauan itu menyusul pelarangan kantong plastik sekali pakai yang mulai diterapkan di pasar Jakarta hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga Jakarta untuk mulai membawa kantong belanja ramah lingkungan sendiri saat berbelanja di pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat.

Himbauan itu menyusul pelarangan kantong plastik sekali pakai yang mulai diterapkan hari ini.

"Lebih penting bagi kita membawa sendiri kantong ramah lingkungan itu. Jadi, belanja membawa kantong sendiri, justru itu yang dianjurkan," ujar Anies dalam Konpers daring, Rabu (1/7/2020).

Anies menyebut larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai bukan bertujuan untuk membebani pelaku usaha. Pemprov, kata Anies, tidak melarang pelaku usaha menjual kantong belanja ramah lingkungan.

Meski demikian, ia tetap menganjurkan agar warga membawa sendiri kantong belanja daripada harus membeli baru setiap kali berbelanja.

"Semangatnya bukan semangat mendorong toko-toko menjual kantong ramah lingkungan. Semangatnya adalah mengurangi adanya sisa, supaya mengurangi sisa, belanja bawa kantong sendiri," kata Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramah Lingkungan

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Warih menyatakan, ada beberapa jenis kantong belanja yang bisa digunakan sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai.

Kantong yang dimaksud Andono adalah yang bisa digunakan berulang (reusable) atau kantong belanja ramah lingkungan (KBRL).

“Kantong ramah lingkungan bisa terbuat dari daun kering, kertas, kain, polyester dan turunannya maupun materi daur ulang,” kata Andono.

Andono menyebut kantong ramah lingkungan biasanya memiliki ketebalan yang cukup sehingga tidak mudah sobek dan dapat digunakan berulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.