Sukses

Fans Berat hingga Ancaman 12 Tahun Penjara untuk Pembakar Mobil Via Vallen

Pelaku yang membakar mobil Via Vallen dilaporkan ber-KTP Medan, Sumatera, namun tinggal di Cikarang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki siapa pelaku pembakaran mobil penyanyi Via Vallen akhirnya terungkap. Pria berinisial P ternyata adalah penggemar berat Via Vallen atau yang biasa disebut Vianisty. 

Pelaku dilaporkan ber-KTP Medan, Sumatera, namun tinggal di Cikarang, Jawa Barat. 

Kepada polisi, tersangka P mengaku, niat awal dirinya hanya ingin bertemu Via Vallen. Karena selalu gagal, pelaku mengaku kecewa dan sakit hati hingga akhirnya membakar mobil Toyota Alphard milik idolanya yang terparkir di samping rumah.

Sebelumnya, pelantun lagu theme song Asian Games 2018 berjudul Meraih Bintang ini memposting video peristiwa kebakaran itu di akun Instagramnya.

"Ini tolong pemadam kebakaran cepat ke sini. Aku takut apinya ke rumah nyebar ke sebelah tetanggaku. Ini katanya tadi ada yang bakar," tutur Via Vallen. 

Aksi pembakaran tersebut terjadi pada Selasa, 30 Juni kemarin, sekitar pukul 04.00 WIB. Atas perbuatannya, pelaku P terancam hukuman 12 tahun penjara.

Berikut sederet fakta terbaru dari kasus dugaan pembakaran mobil mewah milik Via Vallen hingga motif pelaku: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sakit Hati karena Tidak Bisa Bertemu

Penyidik Polresta Sidoarjo mengungkap motif pembakaran mobil mewah milik penyanyi Via Vallen. Polisi menyebut, pelaku sakit hati karena tidak bisa bertemu Via yang merupakan artis idolanya. 

"Motif sementara pelaku berinisal P ini, sakit hati karena tidak bisa bertemu dengan artis idolanya. Ada perasaan kecewa terhadap pelaku," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji, Rabu (1/7/2020).

Untuk bisa bertemu Via Vallen, kata Sumardji, pelaku nekat berangkat ke Tanggulangin, Sidoarjo dari Cengkareng, Jakarta Barat dengan menumpang truk secara estafet.

"Bahkan, dari keterangan pelaku, dirinya sudah berada di wilayah Tanggulangin sejak 10 hari terakhir," ungkapnya.

"Bahkan, menurut versi pelaku saat itu dirinya sempat mendapatkan perlakuan kurang mengenakkan seperti 'kamu itu kotor, baju kamu itu lusuh' dari seseorang yang menemuinya," ujar Kapolresta.

3 dari 5 halaman

Mengaku Spontan Bakar Mobil Via Vallen

P ternyata adalah Vianisty alias penggemar berat Via Vallen. Dia nekat membakar mobil pedangdut kesayangannya itu lantaran merasa sakit hati karena tidak bisa bertemu.

Dari pengakuan P, dia mengumpulkan uang dari hasil bekerja dengan menjual kaus hingga jean. Sampai akhirnya memutuskan ke Sidoarjo untuk bertemu idolanya, Via Vallen.

"Dia di Sidoarjo kurang lebih seingatnya 7 sampai 10 hari. Makanya warga setempat mengenali pelaku," ujar Sumardji, Rabu (1/7/2020). 

Lantaran tak bisa bertemu sang idola, terjadilan pembakaran tersebut. P mengaku spontan membakar mobil Alphard berwarna putih milik Via Vallen.

Tak hanya itu, tersangka juga sempat mencoret-coret tembok rumah Via Vallen dengan tulisan. Nulisnya sebelum melaksanakan aksinya sekitar pukul 11.00 sampai 01.00 WIB. 

"Itu dia si pelaku ingin mencari perhatian dari pihak Via agar mau ditemui," ucap Sumardji.

4 dari 5 halaman

Penjual Pakaian

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji mengatakan, pria yang diduga melakukan pembakaran mobil milik Via Vallen adalah seorang pria berusia 40 tahun yang sehari-hari bekerja sebagai penjual pakaian.

"Pekerjaan dia (pria berinisial P) mengaku jualan baju, jualan celana," kata Kombes Pol Sumardji, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (30/6/2020).

Saat dimintai keterangan terkait motif pembakaran tersebut, pelaku P sempat susah dimintai keterangan.

"Masih kita gali informasi dari beberapa sumber, dari saksi, barang bukti yang ada dilapangan. Kan terduga berbicaranya masih ngawang-ngawang, sehingga harus memeriksa dengan cara yang lebih lagi," ungkap Sumardji. 

 

5 dari 5 halaman

Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara

Sebelumnya, mobil Toyota Alphard milik penyanyi dangdut Via Vallen yang terparkir di samping rumahnya di Desa Kalitengah Selatan, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur dibakar orang tidak dikenal pada Selasa 30 Juni sekitar pukul 03.00 WIB.

Mobil berpelat nomor W-1-VV itu diparkir di gang samping rumah, karena garasi kendaraan digunakan untuk proses syuting video klip artis Via Vallen.

 Peristiwa kebakaran mobil Toyota Alphard W-1-VV itu juga diunggah dalam akun instagram Via Vallen.

Dalam waktu cepat polisi berhasil menangkap pelaku pembakaran. Polisi juga telah menetapkan pelaku berinisial P sebagai tersangka.

"Pelaku dikenakan Pasal 187 KUHP dengan ancamannya 12 tahun penjara, karena telah melakukan pembakaran mengakibatkan suatu ledakan," kata Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji, saat dihubungi Liputan6.com Selasa, 30 Juni kemarin.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.