Pesan Sahroni Nasdem di Hari Bhayangkara: Polri Harus Perkuat Urusan Siber

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 01 Jul 2020, 10:19 WIB
Diperbarui 01 Jul 2020, 10:19 WIB
sahroni
Perbesar
Wakil Ketua Komisi III DPR RI yang juga anggota di Badan Anggaran DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara jatuh pada hari ini, Rabu (1/7/2020). Perayaan yang biasa digelar terbuka kini dilakukan berbasis virtual atau online, termasuk juga upacara. Pandemi virus Corona atau Covid-19 menjadi penyebabnya.

Meski demikian, Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni menilai ini justru jadi momentum bagi polisi untuk lebih serius menangani permasalahan siber. Menurut dia, saat ini segala bentuk kejahatan mulai dari pencurian uang, pembobolan data, kejahatan seksual, hingga hoax banyak yang bermula dari dunia siber.

"Terkait kejahatan siber ini kita harus makin hati-hati, karena makin banyak jenisnya. Karenanya saya juga mengapresiasi terbentuknya unit penanganan tindak pidana siber Mabes Polri yang serius dan canggih untuk menjawab tantangan-tantangan tadi. Mudah-mudahan unit ini dapat bermanfaat secara optimal dalam menangani kejahatan di dunia siber," kata Sahroni, Rabu (1/6/2020).

Di Hari Bhayangkara ini, dia melihat Polri telah menunjukkan kinerja yang sangat baik, di berbagai bidang, yang salah satunya menyoroti masalah narkoba.

"Banyak kinerja Kepolisian yang patut diapresiasi, misalnya dalam hal pemberantasan narkoba, baru-baru ini polisi berhasil mengungkap jaringan narkoba internasional dengan barang bukti narkoba hampir satu ton. Bayangkan akan seperti apa masyarakat kita kalau sabu sebanyak itu sampai nyampe ke masyarakat," ungkap Sahroni.

Dia berharap Polri terus bisa menjalankan tugas dengan penuh amanah dan selalu terdepan. Mengingat, hari ini, pandemi virus corona atau Covid-19 masih belum usai.

"Tentunya tantangan juga akan selalu bermunculan, khususnya dalam kondisi Covid-19 seperti sekarang ini. Namun saya yakin, kepolisian RI akan mampu menghadapi segala tantangan, dan kami juga di Komisi III berkomitmen untuk terus mendukung Kepolisian dalam menjalankan tugasnya," tukasnya.

Terakhir, dia pun mengucapkan selamat Hari Bhayangkara kepada kepolisian.

"Selamat hari jadi Bhayangkara untuk Kepolisian Indonesia. Semoga selalu menjadi yang terdepan dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

 

2 dari 3 halaman

Pesan Presiden

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara secara virtual, Rabu (1/7/2020). Upacara dipimpin langsung dari Istana Kepresidenan.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia tidak boleh tunduk dan menyerah dari bencana pandemi virus corona Covid-19.

"Sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah, pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat," ujar Presiden Jokowi.

Presiden berharap, Polri dan seluruh masyrakat tetap semangat dan bersama-sama berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Menurut presiden, permasalahan yang perlu diutamakan saat ini adalah kesehatan dan ekonomi.

"Kita harus terus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi," jelas Jokowi.

Presiden percaya, bila kerja sama mengatasai Covid-19 terus dilakukan Polri dan masyarakat, maka angka penularan virus dapat ditekan. Utamanya, dalam medisiplinkan protokol kesehatan, penyaluran bantuan sosial, dan menjaga ketertiban umum.

"Kehadiran dan keterlibatan seluruh jajarannya sangat-sangat dibutuhkan, Polri ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif tetap aman dan damai, Jokowi menandasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓