Sukses

Dishub DKI: CFD di 32 Lokasi Masih Akan Berlangsung

Dia menyebut CFD yang ditiadakan sementara yaitu di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di 32 lokasi masih akan terus berlangsung.

Dia menyebut CFD yang ditiadakan sementara yaitu di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

"Iya Minggu besok tetap untuk Sudirman-Thamrin masih ditiadakan HBKB. Jadi namanya adalah 32 kawasan khusus pesepeda," kata Syafrin di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (30/6/2020).

Dia menjelaskan dalam kawasan khusus pesepeda itu prinsipnya warga yang datang tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan seperti halnya kongko.

Sebab lokasi CFD tersebut bertujuan untuk menjaga kebugaran dan masyarakat dapat memanfaatkannya untuk olahraga. Selain itu, Syafrin menyebut kegiatan tersebut guna mengedukasi masyarakat dalam berdisiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Mereka berlatih untuk menjalankan protokol kesehatan secara kolektif. Sehingga ini jadi kebiasaan massal dan jadi tradisi baru warga Jakarta menghadapi Covid-19," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi CFD Sudirman-Thamrin

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 32 lokasi yang tersebar di lima wilayah kota administrasi sebagai pengganti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman - MH Thamrin.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap dibukanya kembali CFD pada Minggu 21 Juni 2020. Dishub lantas menyiapkan lokasi-lokasi pengganti untuk mengurai kerumunan yang terjadi di satu titik CFD.

"Apa yang terjadi di HBKB kemarin sudah dievaluasi. Hasilnya, kami akan menyiapkan 32 lokasi untuk menggantikan HBKB yang biasa dilaksanakan di Jalan Sudirman - MH Thamrin," ujar Syafrin pada Rabu (24/6/2020).

Dari 32 lokasi pengganti tersebut, lanjut Syafrin, ada tujuh lokasi HBKB wilayah yang ditetapkan dan 25 ruas jalan sebagai tempat berolahraga warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.