Sukses

Pergi ke Pasar Saat Pandemi Covid-19? Jangan Lupa Siapkan Alat Tempur Ini

Membuat catatan belanja juga sangat penting guna mempersingkat waktu belanja dan mengurangi risiko penularan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Junior Doctor Network (JDN) Dokter Sarah Shyma berbagi tips menyiapkan "alat tempur" bagi para pembeli yang ingin berbelanja ke pasar sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan.

Sarah mengingatkan kepada para pembeli sebelum berangkat ke pasar pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan wajib menggunakan masker.

Membuat catatan belanja juga sangat penting guna mempersingkat waktu belanja dan mengurangi risiko penularan Covid-19. Sehingga tidak berlama-lama di luar rumah dan kontak fisik dengan orang lain.

"Yang paling penting sebelum kita ke pasar adalah kita harus dalam kondisi yang sehat, wajib menggunakan masker dan punya catatan apa yang akan dibeli untuk mempersingkat waktu serta mengurangi risiko infeksi," jelas Sarah dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sabtu (27/6/2020).

Sebagai upaya mengurangi kontak fisik sekaligus penggunaan plastik, Sarah mengharuskan para pembeli untuk membawa tas belanja sendiri.

"Siapkan tas belanja untuk membawa barang-barang yang akan dibeli, selain kita bisa memastikan kebersihannya, kita juga dapat mengurangi penggunaan plastik," tambahnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Jaga Jarak

Dia pun mengingatkan bagi para pembeli untuk selalu membawa hand sanitizer sebagai opsi jika tempat cuci tangan sulit dijangkau ketika sedang berbelanja.

"Jika sudah selesai transaksi, jangan lupa untuk langsung menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan jika tempat cuci tangan sulit dijangkau," jelasnya.

Sarah juga menjelaskan bahwa pentingnya kesadaran untuk saling menjaga jarak. Jika kios yang ingin dikunjungi sudah terlihat banyak orang, bisa mengunjungi kios yang lain terlebih dahulu untuk menghindari kerumunan.

Setelah berbelanja di pasar, jangan lupa membersihkan diri terlebih dahulu baru menata barang-barang atau bahan makanan yang dibeli.

"Untuk pembersihan barang seperti perabotan rumah tangga dapat disemprotkan desinfektan. Namun, untuk bahan pangan seperti buah dan sayur dapat dicuci dengan air mengalir. Dan jika dimasak yang penting adalah higienitas dari kita memasak dan kematangannya bisa membunuh kuman," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.