Sukses

Siapkan 32 Lokasi CFD, Dishub DKI Larang Masyarakat Nongkrong dan Berkumpul

Dia juga meminta agar masyarakat langsung mendatangi 32 lokasi yang telah ditentukan dan tidak perlu datang ke Jalan Sudirman-Thamrin.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengimbau agar masyarakat tidak berkerumun di 32 lokasi pengganti hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) Jalan Sudirman-Thamrin.

"Kami berharap bahwa seluruh warga yang berada di kawasan khusus pesepeda tidak melaksanakan upaya kerumunan atau nongkrong maupun kongkow-kongkow. Silakan Anda berolahraga dan terus bergerak," kata Syafrin saat konferensi pers di Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2020).

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat langsung mendatangi 32 lokasi yang telah ditentukan dan tidak perlu datang ke Jalan Sudirman-Thamrin.

Berdasarkan hasil evaluasi HBKB 21 Juni 2020, jumlah warga yang datang ke Jalan Sudirman-Thamrin mencapai 40.155 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 21.342 pejalan kaki dan 18.813 pesepeda.

"Belum termasuk warga yang datang dengan MRT, Transjakarta, atau membawa kendaraan pribadi dan memarkir di gedung-gedung," jelasnya.

Berikut 32 ruas jalan untuk pesepeda:

Jakarta Pusat

1. Jalan Suryopranoto

2. Jalan Percetakan Negara 2

3. Jalan Pejagalan Raya

4. Jalan Paseban Raya

5. Jalan Zamrud Raya

6. Jalan Amir Hamzah

7. Jalan Pramuka Sari 1

8. Jalan Danau Tondano

Jakarta Timur

9. Jalan Pemuda

10. Jalan RA. Fadilah

11. Jalan Inspeksi BKT

12. Jalan Raden Inten

13. Jalan Bina Marga

Jakarta Utara

14. Jalan Danau Sunter Selatan

15. Sisi Inspeksi Kali Sunter RBS

16. Jalan Kelapa Hibrida

17. Jalan Pulau Maju Bersama

18. Jalan Benyamin Sueb/ Pademangan Timur

19. Jalan Arteri Pegangsaan Dua

Jakarta Barat

20. Jalan Gadjah Mada

21. Jalan Hayam Wuruk

22. Jalan Putri Harum

23. Jalan Puri Ayu

24. Jalan Puri Elok

25. Jalan Puri Molek

26. Jalan Puri Ayu 1

27. Jalan Puri Molek 1

Jakarta Selatan

28. JLNT Antasari

29. Jalan Sultan Iskandar Muda

30. Jalan Tebet Barat Dalam Raya

31. Jalan Kesehatan Raya

32. Jalan Cipete Raya

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengunjung Melebihi Prediksi

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan menjelaskan alasan Pemprov DKI kembali membuka Hari Bebas Kendaran Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD).

"Tujuan kita warga yang ingin olahraga kita fasilitasi, karena minggu sebelumnya GBK penuh sekali," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin 22 Juni 2020, malam.

Namun, Anies menyebut jumlah pengunjung membeludak atau di luar prediksi. Oleh karena itu pihaknya melakukan koreksi atau evaluasi.

"Kita evaluasi, karena dari awal kita berencana menyelamatkan warga. Dan mereka yang mau berolahraga, bersepeda kita kasih fasilitasnya, tapi ternyata jumlah melampaui yang diprediksi," terangnya.

Anies menyebut sudah berupaya agar kerumunan berkurang dengan melarang adanya PKL berjualan. Namun volume pengunjung rupanya melonjak terutama pesepeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.