Sukses

Diberlakukan Terbatas, Ini Waktu Operasional 32 Lokasi CFD di Jakarta

Syafrin mengatakan, bila ada masyarakat yang melakukan pelanggaran akan ditegakkan berdasarkan aturan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan pihaknya telah mengatur waktu operasional jalur sepeda di 32 wilayah pengganti pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) Sudirman-Thamrin.

"Waktu operasional pukul 06.00-09.00 WIB," kata Syafrin saat dihubungi, Kamis (25/6/2020).

Dia menyatakan pihaknya bersama sejumlah petugas juga akan ikut serta dalam pengamanan di lokasi. Syafrin juga menyebut 32 lokasi hanya diperbolehkan untuk olahraga sepeda saja.

Selain itu, Syafrin juga menyatakan bila ada masyarakat yang melakukan pelanggaran akan ditegakkan berdasarkan aturan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"(32 lokasi) itu untuk olahraga sepeda kita prioritaskan. Dari hasil evaluasi HBKB kemarin itu ternyata terjadi penumpukan oleh pejalan kaki," ucapnya.

Berikut 32 ruas jalan yang akan dimanfaatkan untuk olahraga pesepeda:

- Jakarta Pusat 1. Jalan Suryopranoto 2. Jalan Percetakan Negara 2 3. Jalan Pejagalan Raya 4. Jalan Paseban Raya 5. Jalan Zamrud Raya 6. Jalan Amir Hamzah 7. Jalan Pramuka Sari 1 8. Jalan Danau Tondano

Jakarta Timur 9. Jalan Pemuda 10. Jalan RA. Fadilah 11. Jalan Inspeksi BKT 12. Jalan Raden Inten 13. Jalan Bina Marga

Jakarta Utara 14. Jalan Danau Sunter Selatan 15. Sisi Inspeksi Kali Sunter RBS 16. Jalan Kelapa Hibrida 17. Jalan Pulau Maju Bersama 18. Jalan Benyamin Sueb/ Pademangan Timur 19. Jalan Arteri Pegangsaan Dua

Jakarta Barat 20. Jalan Gadjah Mada 21. Jalan Hayam Wuruk 22. Jalan Putri Harum 23. Jalan Puri Ayu 24. Jalan Puri Elok 25. Jalan Puri Molek 26. Jalan Puri Ayu 1 27. Jalan Puri Molek 1

Jakarta Selatan 28. JLNT Antasari 29. Jalan Sultan Iskandar Muda 30. Jalan Tebet Barat Dalam Raya 31. Jalan Kesehatan Raya 32. Jalan Cipete Raya

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi CFD

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan menjelaskan alasan Pemprov DKI kembali membuka Hari Bebas Kendaran Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD).

“Tujuan kita warga yang ingin olahraga kita fasilitasi, karena minggu sebelumnya GBK penuh sekali,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin 22 Juni 2020, malam.

Namun, Anies menyebut jumlah pengunjung membeludak atau di luar prediksi. Oleh karena itu pihaknya melakukan koreksi atau evaluasi. 

“Kita evaluasi, karena dari awal kita berencana menyelamatkan warga. Dan mereka yang mau berolahraga, bersepeda kita kasih fasilitasnya, tapi ternyata jumlah melampaui yang diprediksi,” terangnya.

Anies menyebut sudah berupaya agar kerumunan berkurang dengan melarang adanya PKL berjualan. Namun volume pengunjung rupanya melonjak terutama pesepeda.

“Kemarin dilakukan hanya untuk bersepeda dan berjalan kaki atau lari, tapi berdagang tidak boleh. Lalu volumenya (pengunjung banyak), padahal sudah tidak boleh berjualan supaya tidak ada kerumunan,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.