Sukses

Dishub DKI Jakarta Siapkan 32 Lokasi Pengganti CFD

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap dibukanya kembali CFD pada Minggu 21 Juni 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 32 lokasi yang tersebar di lima wilayah kota administrasi sebagai pengganti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman - MH Thamrin.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap dibukanya kembali CFD pada Minggu 21 Juni 2020. Dishub lantas menyiapkan lokasi-lokasi pengganti untuk mengurai kerumunan yang terjadi di satu titik CFD.

"Apa yang terjadi di HBKB kemarin sudah dievaluasi. Hasilnya, kami akan menyiapkan 32 lokasi untuk menggantikan HBKB yang biasa dilaksanakan di Jalan Sudirman - MH Thamrin," ujar Syafrin pada Rabu (24/6/2020).

Dari 32 lokasi pengganti tersebut, lanjut Syafrin, ada tujuh lokasi HBKB wilayah yang ditetapkan dan 25 ruas jalan sebagai tempat berolahraga warga.

Nantinya, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengerahkan petugas pengawas dari Dishub Provinsi DKI Jakarta dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta di lokasi CFD. Masyarakat juga diimbau untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, pakai masker, dan sering mencuci tangan dengan sabun.

"Detail lokasi dan pelaksanaannya akan kami umumkan lebih lanjut. Namun, perlu digarisbawahi, ini adalah kerja bersama. Pemprov DKI melalui Dishub DKI telah menyiapkan alternatif lokasi untuk mengurai kerumunan," kata Syafrin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

CFD di Jalan Sudirman-Thamrin Kembali Ditiadakan

Pemprov DKI Jakarta kembali memutuskan meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta. Peniadaan itu dilakukan usai mendapat kritikan karena terjadinya kerumunan pada CFD 21 Juni 2020.

Kegiatan CFD yang biasanya diisi warga dengan berolahraga dan berjalan-jalan mulai ditiadakan per 28 Juni 2020.

"Benar, ditiadakan," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, saat dikonfirmasi, Rabu (24/6/2020).

Dalam pengumuman Dinas Perhubungan DKI, CFD akan ditiadakan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"HBKB/CFD di kawasan Sudirman-Thamrin tanggal 28 Juni 2020 ditiadakan sementara sampai waktu yang akan ditentukan kembali," tulis pengumuman Dishub itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.