Sukses

Ragam Semarak Perayaan Ulang Tahun Jakarta di Tengah Masa PSBB Transisi

Semua acara HUT Jakarta tidak mengumpulkan massa demi mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Ulang tahun ke-493 Kota Jakarta pada 2020 ini akan terasa berbeda. Hal itu lantaran pandemi virus Corona Covid-19.

Rangkaian acara perayaan ulang tahun Jakarta yang jatuh pada hari ini, Senin (22/6/2020) pun sudah disiapkan. Semua acara tidak mengumpulkan massa demi mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Misalnya saja pada Minggu, 21 Juni 2020, konser amal virtual bertajuk 'Rayakan HUT Jakarta, Hidupkan Seni Kota Kita' diadakan. Acara itu berlangsung pada pukul 16.00 WIB.

"Yuk, nonton bareng Konser Amal Virtual, 'Rayakan HUT Jakarta, Hidupkan Seni Kota Kita'," tulis Anies dalam akun Instagram pribadinya, Minggu, 21 Juni 2020.

Seniman Betawi dari berbagai bidang seni mulai dari musik, komedi, hingga teater turut berpartisipasi dalam konser amal tersebut.

Tak hanya itu, adapula tur virtual ke sejumlah destinasi wisata yang dapat dinikmati mulai 20-22 Juni 2020 di Beritajakarta.tv dan akun media sosial Pemprov DKI Jakarta.

Berikut beragam acara yang dilakukan saat perayaan ulang tahun Jakarta di tengah pandemi Corona Covid-19 dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rilis Filosofi Logo Jakarta Tangguh

DKI Jakarta akan berusia 493 tahun pada pada 22 Juni 2020. Namun perayaan hari ulang tahun (HUT) Jakarta kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi virus corona Covid-19.

Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk tidak menggelar acara yang dapat mengumpulkan massa, seperti konser musik atau pekan raya. Hal itu guna mencegah penyebaran dan penularan virus Corona Covid-19.

Pemprov DKI merilis logo HUT ke-493 Jakarta beserta filosofinya. Terdapat gambar masker di dalam logo tersebut. Diketahui, masker adalah salah satu benda yang wajib digunakan saat ini sebagai upaya pencegahan Covid-19.

"Jakarta Tangguh," tulis tagline HUT Jakarta pada situs resmi Pemprov DKI, seperti dilihat Liputan6.com, Minggu, 21 Juni 2020.

Selain masker, Tugu Monas juga masuk dalam logo tersebut. Tugu Monas diartikan sebagai ikon dan jati diri Kota Jakarta.

Selain itu, ada juga kereta MRT. Moda transportasi massal tercanggih ini disebut sebagai lambang kemajuan pelayanan untuk masyarakat di Jakarta.

Berikutnya mentari. Cahaya surya dalam logo HUT Jakarta tahun ini ditafsirkan sebagai harapan dan masa depan.

Terakhir, kepalan tangan. Simbol ini merupakan ketangguhan dan kolaborasi serta semangat DKI Jakarta yang tidak pernah padam.

 

3 dari 6 halaman

Konser Amal Virtual

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat ikut memeriahkan acara konser amal virtual bertajuk 'Rayakan HUT Jakarta, Hidupkan Seni Kota Kita'.

Konser amal dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-493 Kota Jakarta ini digelar pukul 16.00 WIB pada Minggu, 21 Juni 2020.

"Yuk, nonton bareng Konser Amal Virtual, 'Rayakan HUT Jakarta, Hidupkan Seni Kota Kita'," tulis Anies dalam akun Instagram pribadinya, Minggu, 21 Juni 2020.

Seniman Betawi dari berbagai bidang seni mulai dari musik, komedi, hingga teater turut berpartisipasi dalam konser amal tersebut.

"Akan ada David Nurbianto, Denny Cagur, Kojek Rap Betawi, Lantun Orkestra Bedu, dan Gambang Kromong Artis PASKI DKI Jakarta," kata Anies.

Konser amal ini akan disiarkan secara live streaming di Channel Youtube Betawi Bangkit dan Jakarta Tourism.⁣⁣

Para penonton yang menikmati juga dipersilakan untuk bisa berdonasi, membantu seniman Betawi dan Jakarta agar terus semangat melestarikan dan berinovasi untuk budaya.

"Donasi bisa diberikan melalui link berikut, ktbs.id/bantusenimanjkt," tandas Anies.

 

4 dari 6 halaman

Tur Virtual

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar sejumlah kegiatan tur virtual dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) DKI ke-493. Mulai dari tur virtual ke Ancol hingga sejumlah museum di wilayah Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kreatif DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, tur secara virtual di sejumlah lokasi wisata di Jakarta rencananya dilaksanakan pada Senin 22 Juni 2020.

"Kita buat virtual tur di beberapa objek wisata seperti Ancol, Ragunan, dan Pulau Seribu," kata Cucu saat dihubungi Liputan6.com.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan DKI Imam Hadi Purnomo menyatakan, saat perayaan HUT Jakarta, masyarakat juga dapat menonton secara virtual tur kegiatan di sejumlah museum. Seperti halnya museum sejarah, seni, hingga bahari.

Dia juga menyatakan, pihaknya telah menyiapkan pula Jakarta City Philarmonic, tayangan soal profil Planetarium, profil Masjid Amir Hamzah, dan Setu Babakan.

"Lalu ada Tik Tok, pergelaran seni budaya, sejarah Kota Jakarta dalam virtual tur museum sejarah," kata Imam saat dihubungi.

 

5 dari 6 halaman

Diskon

Jakarta Great Sale online akan dilaksanakan berkolaborasi dengan delapan platform e-commerce.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 22 sampai 30 Juni 2020. Meski begitu, sejumlah platform mulai pada 20 Juni 2020.

Acara ini diselenggarakan agar masyarakat dapat membantu UMKM Jakarta pada masa pandemi melalui platform belanja online.

 

6 dari 6 halaman

Gelar Apel

Gubernur Anies Baswedan bersama wakilnya Ahmad Riza Patria, memperingati hari jadi kota Jakarta ke-493 dengan apel. Pelaksanaan apel tersebut dilangsungkan di Balai Kota Jakarta.

Menurut jadwal diterima Liputan6.com, Senin (22/6/2020), Anies Baswedan dan wakilnya akan tiba pukul 07.30 WIB. Nantinya, Anies sendiri yang akan menjadi pemimpin apel.

"Setelah apel Gubernur DKI dijadwalkan Gubernur menyapa warga di ruangan TPUT, sebelum rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi DKI Jakarta," tulis jadwal diterima.

Pantauan di lokasi pukul 07.15 WIB, jajaran staf Pemprov DKI dari berbagai kedinasan sudah berkumpul di lapangan apel.

Mereka mengenakan seragam instansinya masing-masing, sementara pegawai Pemprov DKI memakai setelan baju adat Betawi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.