Sukses

2 Orang Diuji Swab Covid-19 Usai Jalani Rapid Test di CFD Jakarta

Rapid test atau tes cepat ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Brigadir Jenderal Rusdianto memantau langsung proses rapid test atau tes cepat terkait virus corona di kawasan Sudirman Jakarta saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD).

Hasilnya, dari 350 orang yang dilakukan tes cepat atau rapid test, dua dari mereka menjalani uji swab. Tes cepat ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19.

"350 yang rapid test. Yang swab ada 2 orang, kami langsung swab PCR yang akan diberikan ke RS Soekamto dan akan kami dalami. Kalau positif akan kami rawat di sana," ujar Brigjen Rusdianto, Minggu (21/6/2020).

Menurut dia, rapid test atau tes cepat tersebut ditargetkan dilakukan kepada 1.000 orang.

"Total target 1.000, kami selenggarakan di masing-masing Polda, tapi Jakarta di sini saja, kami jajaran kepolisian Indonesia menyelenggarakan rapid test gratis kepada warga Jakarta yang sedang CFD," ucap Brigjen Rusdianto.

Tes cepat ini, lanjut dia, dilakukan secara gratis dan membawa semangat HUT ke-74 Bhayangkara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Sembarangan

Brigjen Rusdianto menjelaskan, proses mengikuti tes cepat ini tidak sembarang. Mereka yang ingin melakukan tes, kata dia, harus masuk didata terlebih dahulu.

"Jadi mereka rutenya masuk dan kami data dulu, kemudian dirapid test, kemudian mengambil hasil. bagi yang reaktif akan didalami dengan swab dan PCR," tukas Brigjen Rusdianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.