Sukses

1 Mal di Bogor Dibuka, Bima Arya Awasi Melalui CCTV

Apabila selama masa uji coba ada perilaku pengunjung atau pihak manajemen tidak mematuhi prosedur protokol kesehatan, Pemkot Bogor bisa menunda atau menyetop pusat perbelanjaan itu beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta Satu dari 1epuluh mal atau pusat perbelanjaan di Kota Bogor kembali beroperasi dengan kondisi normal baru. Namun, beroperasinya mal tersebut masih tahap ujicoba selama sepekan ke depan. 

Ujicoba operasional Bogor Trade Mall (BTM) yang dimulai hari ini, Kamis (18/6/2020), untuk mengetahui kesiapan terkait penerapan protokol kesehatan dalam penanganan wabah virus corona.

Selama masa ujicoba, pusat perbelanjaan itu diawasi oleh beberapa petugas dari Pemkot Bogor melalui layar CCTV (closed circuit television) yang terkoneksi ke Balai Kota Bogor. Pantauan jarak jauh ini untuk memastikan bahwa BTM betul-betul patuh atau tidak menjalankan prosedur protokol kesehatan.

"Hari ini satu mal sudah buka. Untuk simulasi selama seminggu. Kita pantau sejak buka sampai tutup lewat CCTV yang sudah terkoneksi ke balai kota," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Apabila selama masa uji coba ada perilaku pengunjung atau pihak manajemen tidak mematuhi prosedur protokol kesehatan, Pemkot Bogor bisa menunda atau menyetop pusat perbelanjaan itu beroperasi.

"Apabila hasilnya baik maka bisa dilanjutkan. Jika tidak, akan dievaluasi (operasionalnya). Kalau satu minggu itu berjalan baik, ya dilanjutkan," kata dia.

Secara keseluruhan, Mal BTM sudah menjalankan prosedur protokol kesehatan dengan baik. Hanya saja, ia menemukan masih ada beberapa pengunjung yang tidak melakukan jaga jarak saat berada di food court dan melepas masker ketika berada di area mal.

Saat itu juga, Bima langsung menghubungi pihak pengelola dan petugas di posko pengamanan gabungan yang ditempatkan di setiap pusat perbelanjaan. 

"Saya melihat ada ibu-ibu melanggar. Tolong petugas cek, ada ibu-ibu duduk bertiga, pijat-pijatan lagi. Yang satu baju kuning, satunya mickey mouse. Tolong diperingatkan sekarang juga oleh petugas,” ujar Bima, lewat sambungan telepon kepada petugas Satpol PP.

Tak lama, petugas kemudian mendatangi food court di BTM dan memperingati ibu-ibu tersebut untuk menjaga jarak dan menggunakan maskernya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Mal Akan Dibuka

Menurut Bima, saat ini di Kota Bogor baru hanya satu pusat perbelanjaan yang buka. Rencananya, tiga pusat perbelanjaan lainnya akan menyusul melakukan uji coba selama sepekan.

"Besok tiga mall lagi menyusul. Tapi perlu dicatat, untuk tempat yang risiko tinggi seperti bioskop, permainan anak dan pusat kebugaran itu belum boleh dibuks," katanya.

Bima kembali mengingatkan kepada pihak pengelola maupun pengunjung mal untuk mentaati prosedur protokol kesehatan. Karena setiap sudut sudah terpantau dari CCTV. "Taati semua protokol di mall. Selalu waspada, CCTV mal tersambung ke balai kota dan akan terus memonitor kondisi di lapangan. Disiplin kita adalah vaksin kita,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.