Sukses

Melongok Kampung Tangguh Covid-19 Payakumbuh yang Layak Tiru

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan, pihaknya mendukung penuh operasional Kampung Tangguh yang sudah mendukung tugas pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Sumatera Barat Irjen Toni Hermanto bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada kunjungan kerja ke Payakumbuh, Sumatera Barat. Mereka mengecek Kampung Tangguh yang didirikan khusus untuk penanganan dan pengendalian virus Corona atau Covid-19.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan, pihaknya mendukung penuh operasional Kampung Tangguh yang sudah mendukung tugas pemerintah.

Total ada tiga Kampung Tangguh di wilayah Payakumbuh yakni di Kelurahan Limbukan, Payakumbuh Selatan; Kelurahan Payobasuang, Payakumbuh Timur; dan Kelurahan Koto Panjang Padang juga Koto Panjang Dalam di Nagari Koto Panjang, Kecamatan Latina.

Pengecekan standar pelayanan mau pun protokol kesehatan juga dilakukan di Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Pelayanan Kepolisian Dalam Satu Atap, dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK).

Di Kampung Tangguh, Kapolda Irjen Toni Hermanto meresmikan Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh. Lokasi tersebut merupakan program Polri Peduli Ketahanan Pangan.

"Taman Pangan Terpadu sendiri adalah lahan yang mengintegrasikan pertanian, perikanan, dan peternakan dalam satu tempat," kata Toni.

Lebih lanjut, hasil ketahanan pangan personel Polres Payakumbuh pun dikumpulkan dan diberikan sebagai bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19. Ada 100 paket dengan isi beras lima kilogram, buah jeruk, telur ayam, telur itik, cabai, terong, ubi, dan tomat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilengkapi Posko Pengamanan

Kampung Tangguh Payakumbuh juga dilengkapi dengan sarana prasarana seperti posko pengamanan, dapur umum, lumbung pangan, taman pangan, hingga panel data posko. Seluruh fasilitas pun disiapkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah virus corona.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan menambahkan, Kampung Tangguh Covid-19 Perumnas Kubang Gajah di Limbukan, Payakumbuh Selatan, telah dijadikan role model adaptasi menuju tatanan new normal di Payakumbuh.

"Kampung yang didirikan sejak akhir Maret secara swadaya oleh warga Perumnas Kubang Gajah ini telah berhasil mencegah penularan Covid-19, mampu mendisiplinkan warga, mengatasi dampak sosial dan ekonomi, bahkan telah berhasil menurunkan angka kejahatan karena posko ini berkerja 1×24 jam," ujar Dony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.