Sukses

KJRI Istanbul dan KBRI Ankara Pulangkan 144 WNI Terdampak Covid-19 di Turki

Sebagian besar WNI yang dipulangkan pada gelombang ini adalah santri di Marmara Nurul Fikri Istanbul, Turki.

Liputan6.com, Jakarta - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara kembali memulangkan 144 warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak pandemi Covid-19 di Turki ke tanah air.

Repatriasi mandiri terhadap 144 WNI ini memanfaatkan penerbangan komersial non reguler ke Jakarta. Ratusan WNI ini dijadwalkan akan tiba di tanah air pada Rabu (17/6/2020) malam sekitar pukul 20.35 WIB.

"144 WNI yang mengikuti program repatriasi mandiri tersebut didominasi oleh 126 santri pesantren Marmara Nurul Fikri Istanbul dan mahasiswa Indonesia di Turki, 16 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tidak diperpanjang kontrak kerjanya, dan 2 wisatawan yang tertunda kepulangannya dikarenakan flight lockdown sejak bulan Maret 2020," kata Konjen RI Istanbul, Imam As’ari, Rabu (17/6/2020).

Imam menuturkan, mayoritas WNI yang dipulangkan berasal dari Jawa Barat dan DKI Jakarta. Selebihnya berasal dari daerah Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sumatera, Aceh, Kalimantan.  

"Perlindungan WNI merupakan prioritas utama diplomasi Indonesia, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19. KJRI Istanbul bersama dengan KBRI Ankara senantiasa memantau serta melakukan pelindungan WNI di Turki," ucapnya.

Dia menuturkan, seluruh WNI telah melakukan PCR Test sebelum keberangkatan dari Turki dengan hasil negatif atau bebas Covid-19.

"Selain pendampingan tes PCR, para WNI juga difasilitasi hotel transit bagi WNI yang berasal dari luar Istanbul dan pemberian safety kit berupa masker, sarung tangan, dan hand sanitizer untuk digunakan di pesawat," ungkap Imam.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total 350 WNI Dipulangkan dari Turki

Dalam kesempatan terpisah, Dubes RI Ankara, Lalu Muhammad Iqbal juga menyampaikan terima kasih atas bantuan semua pihak dan otoritas terkait. "Sehingga proses repatriasi ini dapat terlaksana dengan baik," tukas Iqbal.

Sebelumnya, perwakilan RI di Turki juga telah melakukan repatriasi mandiri pada tanggal 10 Juni 2020 dan 16 Juni 2020. Hingga saat ini jumlah keseluruhan WNI yang dibantu pemulangannya oleh KJRI Istanbul dan KBRI Ankara berjumlah sekitar 350 orang.

Mereka terdiri dari para spa terapis, pelajar, Anak Buah Kapal dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sebagian besar berasal dari Bali, Jawa Barat, dan selebihnya berasal dari Sulawesi Selatan dan Kalimantan.

Perwakilan RI di Turki akan tetap memfasilitasi para WNI yang ingin kembali ke Ä°ndonesia selama penerbangan reguler masih belum pulih seperti semula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.