Yuk, Ikutan Sayembara Desain Taman BP Batam

Oleh Reza pada 16 Jun 2020, 15:46 WIB
Diperbarui 16 Jun 2020, 16:11 WIB
BP Batam
Perbesar
Sayembara Desain Taman BP Batam

Liputan6.com, Jakarta Bundaran BP Batam dengan luas 1 Ha memiliki letak dan posisi yang sangat strategis sebagai landmark kota Batam. Selain sebagai Taman Ruang Terbuka Hijau juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan, karena lokasinya yang berada di pusat kota berdekatan dengan pelabuhan internasional, Masjid Agung Batam, alun-alun Batam, dan gedung perkantoran.

Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Bidang Perencanaan Perhubungan dan Lingkungan Pusat Perencanaan Program Strategis membuka Sayembara Desain Taman Bundaran Plaza Internasional (Bundaran BP Batam) yang dimulai pada 10 s.d. 27 Juni 2020.

Sayembara Desain Taman Bundaran Plaza Internasional (Bundaran BP Batam) ini terbuka untuk Arsitek Perorangan atau Kelompok (maksimal 4 orang).

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengembangan arsitektur desain untuk memperindah wajah Kota Batam dan menyediakan prasarana dan sarana fisik, baik dari segi kualitas dan kuantitas yang ramah lingkungan, bersih, indah aman dan nyaman, serta mendukung program pemerintah di Bidang Pariwisata.

Sayembara Desain Taman Bundaran Plaza Internasional (Bundaran BP Batam) diharapkan terwujud landmark berkarakter dengan historical yang ada seperti 3 pohon beringin yang ditanam oleh 3 Kepala Negara (Presiden Republik Indonesia Soeharto, Perdana Menteri Kerajaan Malaysia Dato' Seri Dr. Mahathir, dan Perdana Menteri Republik Singapura Lee Kuan Yew) pada eksisting bundaran, selain juga mempertimbangkan Batam sebagai kota Pariwisata, Industri, Pendidikan, Budaya dan Religi.

BP Batam menyediakan hadiah uang tunai dengan total Rp50 juta bagi tiga pemenang, yakni juara pertama mendapatkan Rp25 juta, juara kedua mendapatkan Rp15 juta, dan juara ketiga mendapatkan Rp10 juta dengan pajak pemenang ditanggung oleh setiap pemenang.

Adapun waktu pelaksanaan kegiatan, yakni untuk pendaftaran dimulai dari tanggal 10 s.d. 27 Juni 2020, untuk penjelasan sayembara dilakukan pada 15 Juni 2020.

Batas akhir pengumpulan desain tanggal 27 Juni 2020 pukul 17.00 WIB dan dapat dikirimkan ke email panitia: sayembarabundaran.bpbatam@gmail.com

Desain yang ikut dilombakan harus merupakan karya asli peserta, dan tidak pernah diikutsertakan pada sayembara lain.

Peserta juga harus mengisi formulir dan membuat Surat Pernyataan Orisinalitas Karya Sayembara Desain Penataan Taman Bundaran Plaza Internasional (Bundaran BP Batam).

Untuk penjurian tahap 1 dilakukan pada 29 Juni 2020, dan penjurian tahap 2 dilakukan pada 8 Juli 2020, serta penetapan pemenang pada 9 Juli 2020.

Hasil dari sayembara ini nantinya dinilai oleh ahli di bidangnya antara lain, Wakil Kepala BP Batam, Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam, Kepala Pusat Perencanaan Program Strategis, Direktur Infrastruktur dan Kawasan, serta juri profesional lainnya.

Hasil desain yang menjadi pemenang merupakan hak milik Badan Pengusahaan (BP) Batam dan berhak digunakan untuk keperluan publikasi.

Untuk informasi dan pendaftaran dapat menghubungi Icut di nomor telepon 0821-3600-5106, atau dapat mengunjungi halaman https://bpbatam.go.id/pages/read/793.

Ayo jadilah bagian dari Ikon Kota Batam, dengan mengikuti Sayembara Desain ini!

 

(*)