Sukses

Ikan Dori Adalah Ikan Patin, Ini Kata Menteri Kelautan

Kata Edy Ikan Patin dijadikan menu khas yaitu pindang ikan patin. Namun di restoran ikan patin ini dijadikan menu Fish n Chips.

Liputan6.com, Jakarta - Kontroversi ikan dori adalah ikan patin terus menjadi pembahasan. Seperti yang ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak yang mengira bahwa ikan dori adalah asli jenis ikan Jhon Dory yang hidup di laut.

Tapi ternyata ikan dori fillet yang beredar luas di pasaran merupakan jenis ikan patin yang hidup di air tawar.

Berawal dari cuitan pengguna akun twitter @hcahyono, pria bernama Heru ini mengunggah fakta seputar ikan dori fillet. Ia membeberkan kalau fillet ikan dori sebenarnya bukanlah jenis ikan dori, melainkan ikan patin.

"Ternyata banyak yang baru tau kalau Dori fillet yang dibeli di modern market atau cafe cafe adalah fillet ikan patin," beber Heru sambil menunjukkan foto daging ikan dori.

Cuitan tanggal 21 Juni 2020 ini kemudian langsung ramai diperbincangkan. Ribuan netizen memberi tanggapan beragam. Sebagian besar orang tak mengira kalau ikan dori tak lain adalah daging ikan patin.

Dori sebenarnya digunakan sebagai merek dari produsen ikan yang berbasis di Vietnam. Namun orang-orang justru menyangka kalau dori adalah nama jenis ikan. Dori termasuk ikan fillet yang laris manis di pasaran terutama di pasar modern atau supermarket.

Ikan ini banyak diolah jadi beragam makanan. Yang paling populer yakni digoreng dengan balutan tepung dan disajikan bersama kentang goreng yang dikenal dengan sebutan fish and chips. Daging ikan berwarna putih ini terbilang empuk dan tebal, rasanya juga gurih jadi tak heran banyak digemari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sangat Gurih

Menteri Kelautan Edy Prabowo pun angkat bicara terkait dengan hal tersebut. Menurutnya, ikan dori adalah bagian dari produk olahan ikan patin bukan ikan john dory yang hidup di laut.

"Dori sebetulnya itu sama dengan patin. Tapi umum mengetahui kalau namanya dori itu produk olahan dari luar. Yang produk Indonesia kita lebih sering menyebutnya dengan patin," Kata Edy Prabowo, Rabu (1/7/2020).

Di berbagai daerah seperti di Palembang kata Edy Ikan Patin dijadikan menu khas yaitu pindang ikan patin. Namun di restoran ikan patin ini dijadikan menu Fish n Chips.

"Dari rasa juga ikan patin sangat gurih, di kampung saya ikan patin jadi pindang yang rasanya sangat khas. jadi ikan dori itu adalah ikan patin," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.