Sukses

Kesaksian Warga: Dua Pesawat TNI AU Bersenggolan Sebelum Jatuh Timpa Rumah

Pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 209 jatuh di Perumahan Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar.

Liputan6.com, Pekanbaru - Pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 209 jatuh di Perumahan Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar. Dalam kejadian pada Senin pagi, 15 Juni 2020, pilot selamat setelah memakai kursi lontar dan jatuh di depan rumah warga.

Zainab, saksi mata di lokasi menjelaskan, pukul 08.00 WIB terlihat ada tiga pesawat terbang di atas perumahan. Dia sempat melihat dua pesawat bersenggolan di atas udara.

Satu pesawat, kata ibu rumah tangga ini, oleng dan terjatuh menimpa sebuah rumah tak berpenghuni. Sementara dua pesawat lainnya tetap terbang tapi merendah karena akan mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin.

"Dua bersenggolan di bagian belakang, ada percikan api," kata Zainab.

Zainan juga melihat pilot keluar dari pesawat memakai kursi pelontar. Lokasi jatuhnya pilot tak jauh dari lokasi pesawat menimpa rumah warga.

"Jatuhnya pilot di atap kemudian terguling ke bawah," sebut Zainab.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Pesawat Sedang Latihan

Informasi dirangkum di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, pesawat ini akan mendarat di landasan. Ada tiga pesawat yang terbang untuk latihan seperti biasanya.

Tiga pesawat ini dijadwalkan mendarat pukul 08.00 WIB. Ketiganya merupakan jenis Hawk 200, di mana satunya terjatuh di perumahan warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.