BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat 3 Hari ke Depan di 4 Wilayah Ini

Oleh Rita Ayuningtyas pada 13 Jun 2020, 14:42 WIB
Diperbarui 13 Jun 2020, 15:07 WIB
Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan
Perbesar
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan empat wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat selama tiga hari ke depan. 

Plt Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal mengatakan, hujan lebat ini disebabkan oleh bibit siklon tropis yang menguat menjadi Siklon Tropis Nuri di sekitar Laut Cina Selatan sebelah barat Filipina pada Jumat 12 Juni 2020.

"Potensi hujan lebat akibat tumbuhnya siklon tropis Nuri dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah," ujar Herizal dalam siaran tertulis BMKG, Jakarta, Sabtu (13/6/2020).

Menurut dia, bibit siklon inilah yang membuat hujan sedang hingga lebat terjadi di sejumlah wilayah di Tanah Air. Bahkan, memicu banjir di beberapa daerah. Contohnya di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo pada 11 Juni 2020.

BMKG terus memantau perkembangan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

2 dari 3 halaman

Disertai Angin Kencang

Masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati pada potensi angin kencang dan hujan lebat yang masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah serta mewaspadai potensi dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, dapat langsung mengakses laman BMKG," Herizal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓