Sukses

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat 3 Hari ke Depan di 4 Wilayah Ini

BMKG memprakirakan empat wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat selama tiga hari ke depan.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan empat wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat selama tiga hari ke depan. 

Plt Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal mengatakan, hujan lebat ini disebabkan oleh bibit siklon tropis yang menguat menjadi Siklon Tropis Nuri di sekitar Laut Cina Selatan sebelah barat Filipina pada Jumat 12 Juni 2020.

"Potensi hujan lebat akibat tumbuhnya siklon tropis Nuri dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah," ujar Herizal dalam siaran tertulis BMKG, Jakarta, Sabtu (13/6/2020).

Menurut dia, bibit siklon inilah yang membuat hujan sedang hingga lebat terjadi di sejumlah wilayah di Tanah Air. Bahkan, memicu banjir di beberapa daerah. Contohnya di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo pada 11 Juni 2020.

BMKG terus memantau perkembangan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disertai Angin Kencang

Masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati pada potensi angin kencang dan hujan lebat yang masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah serta mewaspadai potensi dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, dapat langsung mengakses laman BMKG," Herizal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.