Sukses

14 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Serdang Tutup Sementara Mulai Senin 15 Juni

Pasar Serdang ditutup selama tiga hari untuk mencegah terjadi penyebaran Covid-19 ke pedagang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Camat Kemayoran Nuralamsyah mengatakan, Pasar Serdang ditutup selama tiga hari mulai Senin 15 Juni 2020. Penutupan tersebut karena ditemukan 14 pedagang positif terpapar virus Corona atau Covid-19.

"Ada 14 pedagang (positif Covid-19). Jadi nanti akan ditutup selama tiga hari untuk mencegah terjadi penyebaran Covid-19 ke pedagang lain," kata Nuralamsyah saat dikonfirmasi, Jumat (12/6/2020), seperti dikutip dari Antara.

Meski demikian, Nuralamsyah mengatakan, sebenarnya penyemprotan disinfektan sudah dilakukan sejak Kamis 11 Juni 2020 untuk memastikan kondisi pasar steril dari Covid-19.

Namun untuk penutupan sementara selama tiga hari seperti yang disampaikan oleh Perumda Pasar Jaya jika ditemukan pedagang positif Covid-19 baru akan benar-benar dilaksanakan pada Senin minggu depan.

"Kalau penyemprotan sebenarnya kemarin juga sudah. Nanti bagaimana teknis penutupannya akan kami koordinasikan bersama bagian tiga pilar lainnya seperti apa," kata Nuralamsyah.

Terjadi penambahan kasus positif Covid-19 di Pasar Serdang Kemayoran sebanyak lima orang sehingga saat ini total kasus positif menjadi 14 pedagang ditemukan terinfeksi virus Corona.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pasar di Jakarta yang Pedagangnya Positif Corona Covid-19

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan rapid test dan swab Corona ke 1.418 pedagang di 19 pasar di Ibu Kota. Hasilnya, 52 pedagang yang berasal dari 5 pasar dinyatakan positif Covid-19.

Pedagang di 3 pasar tradisional di antaranya dinyatakan negatif dari Corona. "Sisanya masih menunggu hasil. Sampai hari ini belum ada," ujar Direktur Umum Perumda Pasar Jaya, Arief Nasruddin, kepada Liputan6.com, Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Berdasarkan data dari Humas Perumda Pasar Jaya usai diskusi, Kamis 11 Juni 2020, kelima pasar yang pedagangnya positif Corona adalah:

Pasar Serdang: 14 Orang

Pasar Rawasari: 14 Orang

Pasar Cijantung: 1 Orang

Pasar Klender: 20 Orang

Pasar Kramat Jati: 3 Orang

Sementara, satu pasar reaktif berdasar rapid test, yakni: Pasar Lontar: 9 pedagang reaktif

Ada pula 3 pasar yang dinyatakan bersih dari Corona, yaitu:

Pasar Ciracas

Pasar Palmeriam

Pasar Kelapa Gading

Berdasarkan catatan Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) sebanyak 51 kasus positif virus Corona hingga 11 Juni 2020 kemarin.

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Ikappi, Reynaldi Sarijowan mengatakan, pihaknya terus memperbarui data tersebut. Terlebih, masih ada sejumlah pasar yang tes swab pedagangnya belum keluar.

"Saat ini kami terus melakukan verifikasi, koordinasi, dan menunggu hasil swab yang sudah berjalan. Dan akan mengupdate perkembangan-perkembangan terkini tentang data," ujar Reynaldi kepada Liputan6.com, Jumat (12/6/2020).

51 kasus Corona di pasar berdasarkan data Ikappi yakni:

Pasar Perumnas Klender, 20 orang

Pasar Mester, Jatinegara 1 orang

Pasar Serdang, Kemayoran 9 orang

Pasar Kedip, Kebayoran Lama 2 orang

Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih 14 orang

Pasar Induk Kramat Jati 5 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.