Sukses

Moeldoko: Pemerintah Tak Ingin Korbankan Rakyat Saat New Normal

Moedoko mengakui, menangani pandemi virus Corona bukanlah sesuatu yang mudah diatasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pemerintah tidak akan mengorbankan kesehatan masyarakat dalam menerapkan new normal atau tatanan kehidupan baru di masa pandemi virus Corona (Covid-19). Menurut dia, dalam menangani virus Corona, pemerintah akan tetap mengedepankan kesehatan masyarakat.

"Pemerintah sama sekali tidak ingin mengorbankan rakyat. Prioritas adalah menuntaskan Covid-19, tapi faktor sosial dan ekonomi tak boleh diabaikan," ujar Moeldoko dalam keterangan persnya, Jumat (12/6/2020).

Dia mengakui, menangani pandemi virus Corona bukanlah sesuatu yang mudah diatasi. Kendati begitu, pemerintah optimistis dapat menangani wabah ini dengan bersinergi dengan sejumlah pihak.

"Pandemi ini hal yang luar biasa. Butuh sinergi dan kolaborasi dengan Pemda mengingat tantangan geografis dan populasi di Indonesia," ucap Moeldoko.

Moeldoko menegaskan, ada tujuh prinsip utama pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Pertama, pemerintah bersikap tenang dengan menentukan kebijakan yang tertata dengan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi

Kedua, pemerintah berkolaborasi dengan berbagai berbagai elemen, baik pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan sebagainya. Ketiga, lanjut Moeldoko, pemerintah juga melakukan pendekatan berbasis komunitas. Keempat, pemerintah menetapkan intruksi yang jelas.

"Artinya masyarakat harus sehat terhindar dari penyakit, tetap bisa hidup atau makan dan masyarakat tetap bisa berusaha," tuturnya.

Kelima adalah optimisme pemerintah bahwa pandemi ini dapat diselesaikan. Keenam, pemerintah membangun komunikasi yagn sehat dan efektif dengan berbagai pihak.

"Terakhir, yang tak kalah penting adalah pemerintah menyiapkan dana atau anggaran untuk penanganan Covid-19 ini," jelas Moeldoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko

  • New Normal