Sukses

Mulyadi Minta Warga Ikuti Protokol Kesehatan Cegah Penyebaran Covid-19

Mulyadi tak ingin lagi warga Sumbar semakin banyak yang terpapar Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR RI dapil Sumatera Barat II Mulyadi mengimbau masyarakat Sumbar untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, meski masa pembatasan sosial skala besar (PSBB) telah dilonggarkan dengan normal baru (new normal)

"Di mana pun, saat ini kita harus waspada. Termasuk ketika berbelanja ke pasar tradisional. Ketika berkunjung ke pasar, perlengkapan perlindungan harus selalu kita gunakan. Contohnya, masker, face shield dan sarung tangan," tutur Mulyadi, Kamis (11/6/2020).

Mulyadi tak ingin lagi warga Sumbar semakin banyak yang terpapar Covid-19. Saat ini kasus Covid-19 bertambah lagi. Sebanyak tiga warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga totalnya menjadi 662 orang.

Lebih lanjut, bakal cagub Sumbar ini juga menyarankan agar masyarakat menggunakan pakaian lengan panjang. Hal ini bertujuan menghalangi droplet virus covid-19 hinggap di permukaan kulit. Selain itu, menggunakan sepatu yang tertutup juga sangat dianjurkan. Tak lupa juga untuk menyiapkan tisu basah dan tas belanja pribadi agar tidak banyak melakukan sentuhan barang yang menjadi medium penyebaran Covid-19.

"Sebaiknya kita gunakan pakaian yang tertutup agar lebih terlindungi dari penyebaran virus covid-19 seperti baju lengan panjang atau sepatu, sediakan juga tisu basah untuk membersihkan permukaan kulit," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyemprotan Disinfektan

Selain itu, dia juga mendorong pengelola pasar atau pemerintah untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. Di samping itu pos pemeriksaan juga perlu disiagakan di pintu masuk pasar tradisional.

"Pemerintah juga harus berperan aktif di dalam pasar tradisional ini dengan menyediakan pos pemeriksaan dan penyemprotan berkala. Insya Allah dengan kesadaran tinggi akan upaya pencegahan kita semua akan terlindungi," pungkas Mulyadi.

Menanggapi hal ini, Tokoh Pedagang Padang, Ramli mengatakan sosialisasi yang dilakukan oleh Mulyadi menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat. Selama pandemi ini berlangsung, Mulyadi juga diketahuinya berperan aktif membantu para pedagang dengan membagikan masker dan penyemprotan disinfektan.

"Pak Mulyadi memedulikan lingkungan pasar, mulai dari pengunjung hingga pedagang. Beliau juga aktif membantu pedagang pasar dengan menyalurkan bantuan berupa masker dan penyemprotan disinfektan," singkat Ramli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona