Sukses

Doni Monardo: 44 Persen Kabupaten-Kota Berisiko Rendah dan Aman Covid-19

Doni pun memastikan pihaknya akan terus mengawal daerah-daerah yang memiliki angka penularan virus Corona tertinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut 44 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia aman dan memiliki risiko rendah penyebaran virus Corona.

Menurut dia, daerah tersebut masuk ke dalam zona hijau atau bebas Corona dan zona kuning yang memiliki risiko penularan rendah.

"Hasil yang kita lihat sekarang ada 44 persen wilayah kabupaten/kota secara nasional dari 514 kabupaten/kota yang statusnya adalah risiko rendah dan aman," ujar Doni Monardo saat rapat dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Gugus Tugas, Rabu (10/6/2020).

Doni mengatakan, angka tersebut akan terus dijaga sehingga penularan virus Corona dapat semakin ditekan. Kendati begitu, dia mengakui bahwa ada beberapa daerah yang mengalami peningkatan kasus baru Covid-19.

Dia menekankan bahwa koordinasi antara pusat dan daerah terkait penanganan Corona sudah semakin membaik. Dia pun memastikan pihaknya akan terus mengawal daerah-daerah yang memiliki angka penularan virus Corona tertinggi.

"Tetapi kita yakin pembagian tugas antara pusat dan daerah sudah semakin baik dan kami sesuai perintah Bapak Presiden daerah-daerah yang relatif berisiko tinggi tetap kami kawal," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Kasus Positif Rabu 9 Juni

Sebagai informasi, Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan terjadi peningkatan kasus positif baru sebanyak 1.241 hari ini.

Dengan demikian, total keseluruhan kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 34.316.

Yurianto menjelaskan Jawa Timur menjadi provinsi dengan angka penambahan kasus terbanyak yakni, 273. Dengan adanya peningkatan 273, maka Jawa Timur tercatat memiliki 6.806 kasus positif.

Sulawesi Selatan menyusul Jawa Timur. Yurianto menyebut, Sulsel melaporkan ada penambahan 189 kasus positif hari ini. Total akumulatif kasus positif di Sulawesi Selatan mencapai 2.383.

Provinsi berikutnya adalah DKI Jakarta dengan jumlah penambahan kasus baru sebanyak 157. Sehingga total akumulatif kasus positif di DKI Jakarta 8.503.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.