Menag Pastikan Calon Jemaah Haji Tahun Ini Bakal Berangkat di 2021

Oleh Delvira Hutabarat pada 09 Jun 2020, 14:33 WIB
Diperbarui 09 Jun 2020, 14:33 WIB
Petugas Haji Indonesia 2019 membantu jemaah di Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz. Foto: Darmawan/MCH
Perbesar
Petugas Haji Indonesia 2019 membantu jemaah di jalur fast track Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah. Foto: Darmawan/MCH

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Fachrul Razi memastikan jamaah haji yang batal menunaikan Haji tahun ini akan diberangkatkan pada tahun 2021

"Yang mestinya berangkat tahun ini tetap akan diberangkatkan tahun depan,” kata Fachrul dalam acara Inspirato Liputan6.com, Selasa (9/6/2020).

Meski demikian, Fachrul mengakui ada risiko jamaah tahun depan juga akan mundur ke tahun setelahnya. “Resikonya memang terpaksa yang tahun depan bergeser menjadi tahun depannya lagi, begitu,” ucap dia.

Menag pun berjanji akan mengusahakan penambahan kuota Haji  kepada pemerintah Arab Saudi untuk jemaah Haji Indonesia.

"Memang pasti akan selalu kita usahakan untuk ada penambahan kuota, meskipun kita enggak yakin seandainya penambahan kuota itu pun ada pastilah tidak sebanyak yang kita harapkan,” terangnya.

Dia berharap, adanya penambahan kuota dapat memperpendek waktu tunggu jemaah haji, yang semakin panjang karena adanya pandemi corona.

"Tahun depan tetap kita usahakan maksimal untuk bisa ada tambahan bagi jemaah haji kita, dengan demikian waktu tunggunya tidak jadi lebih lama lagi,” ia menandaskan.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓