Sukses

Peran Vital Terduga Teroris yang Diringkus Densus 88 di Cirebon

Terduga teroris M diketahui jarang bergaul dengan warga setempat.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono membeberkan peran terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada pekan lalu.

Terduga teroris berinisial M (40) itu memiliki peran vital di jaringannya, yakni merekrut anggota kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

"Berdasarkan penyelidikan, diketahui M perannya sebagai pengader serta membaiat orang untuk menjadi anggota JI," kata Awi, Jakarta, Senin 8 Juni 2020.

Penangkapan M dilakukan di Desa Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Kamis 4 Juni lalu.

Kepala Dusun Tiga, Desa Lemahabang, Eko Prayitno mengatakan, sehari-hari M berjualan kelontong di rumah. Seperti dilansir Antara, M diketahui jarang bergaul dengan tetangga sekitar.

Kapolresta Cirebon Kombes M Syahduddi mengatakan, terduga teroris M langsung dibawa aparat Densus 88 untuk diperiksa. Dalam penangkapan, Polresta Cirebon hanya membantu Densus 88 saat menggeledah tempat tinggal M serta rumah orang tuanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sita Barang Bukti

Hasil penggeledahan di kediaman M, Densus 88 Antiteror Polri menyita berbagai barang bukti seperti buku-buku soal jihad, ponsel, dan dokumen-dokumen.

"Hasil penggeledahan disita beberapa barang bukti, seperti buku jihad, handphone, kartu keluarga, dan beberapa barang yang mengarah ke tindakan teror," kata Syahduddi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.