Sukses

PDIP Gelar Lomba Kreatif untuk Kenang Bung Karno

Ketua Panita Bulan Bung Karno, Djarot Saiful Hidajat mengatakan, PDIP sudah merayakan ini sejak 2010. Di mana, untuk kali ini dikerjakan secara kreatif dan memperhitungkan faktor kekinian.

Liputan6.com, Jakarta - DPP PDI Perjuangan membuka berbagai perlombaan untuk meramaikan peringatan Bulan Bung Karno. Adapun, informasi lomba disebar secara masif sejak hari ini, yang bertepatan dengan hari lahirnya Putra Sang Fajar ini.

Ketua Panita Bulan Bung Karno, Djarot Saiful Hidajat mengatakan, PDIP sudah merayakan ini sejak 2010. Di mana, untuk kali ini dikerjakan secara kreatif dan memperhitungkan faktor kekinian.

Dengan agenda ini, diharapkan mengundang keterlibatan aktif kader partai dan masyarakat umum sekaligus untuk semakin menamamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Pelaksanaan lomba sejak 6-25 Juni 2020 dan pengumuman pemenangnya pada 30 Juni mendatang," jelas Djarot, Sabtu (6/6/2020) malam.

Ketua DPP PDIP bidang ideologi ini menjelaskan lomba yang diadakan di antaranya, ngevlog tentang sejarah perjuangan Bung Karno. Durasi 3 menit dengan sejumlah tema. Disosialisakan di media sosial dan diberikan sejumlah hadiah bagi pemenang.

"Ada juga lomba ngevlog di tempat bersejarah Bung Karno yang dibuat secara langsung, sambil memberikan narasi singkat, padat dan jelas tentang tempat bersejarah tersebut dan ditutup dengan harapan mengenai Indonesia pada 2045 mendatang. Durasinya 3 menit," kata Djarot.

PDIP Gelar Lomba Kreatif untuk Kenang Bung Karno. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

"Selanjutnya diadakan lomba video dokumenter dengan durasi 5-10 menit dengan sejumlah tema yang telah ditentukan panitia. Memaparkan program/karya yang telah lebih dari 3 bulan dirasakan dampaknya oleh masyarakat," lanjut dia.

Menurut dia, semua pemenang mendapat buku terkait Bung Karno yakni Di bawah Bendera Revolusi dan Penyambung Lidah Rakyat, serta uang tunai.

Di tempat terpisah, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menambahkan selain lomba yang dipaparkan tadi akan ada juga beberapa agenda lain. Seperti lomba cipta lagu, bakti sosial, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan, bahkan pagelaran wayang secara streaming telah dilakukan dua kali.

Menurut dia, sejumlah kegiatan sejenis juga dilakukan seluruh pengurus dan kader partai di daerah dengan mengedepankan muatan lokal.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilakukan secara Daring

Hasto menjelaskan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah memberi instruksi, bahwa kegiatan bulan Bung Karno tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 ini akan dilakukan secara daring, melalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media, dengan Tema: “Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19”

"Dalam peringatan Bulan Bung Karno ini, PDI Perjuangan membuka ruang inovasi dan kreativitas yang seluas-luasnya bagi para Pemuda Indonesia guna mengekspresikan seluruh ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan perjuangan Bung Karno tersebut dengan menjawab berbagai tantangan dan persoalan bangsa agar dengan penuh keyakinan menempuh jalan kemajuan di seluruh aspek kehidupan," papar Hasto.

Ditambahkannya, Megawati mengharapkan peringatan Bulan Bung Karno di tengah Covid-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri.

"Dari pandemi ini bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan," pungkas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.