Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated Dibuka Bertahap Mulai Malam Ini

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 06 Jun 2020, 20:31 WIB
Diperbarui 06 Jun 2020, 20:41 WIB
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Ditutup
Perbesar
Suasana akses masuk tol layang Jakarta-Cikampek yang ditutup di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Akses transportasi mobil pribadi dan bus angkutan penumpang dari tol Jakarta Cikampek menuju Karawang ditutup mulai Jumat (24/4/2020) jam 00.00 WIB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasamarga akan kembali membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sehubungan dengan berakhirnya operasi pengendalian transportasi dalam rangka larangan mudik Lebaran tahun 2020.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono menyatakan, pengoperasian itu dilakukan secara bertahap.

"Akan dibuka secara bertahap. Jalur arah Cikampek dibuka malam ini, Minggu (7 Juni 2020) pukul 00.00 WIB, sedangkan untuk jalur arah Jakarta akan dibuka besok malam, Senin (8 Juni 2020) pukul 00.00 WIB," kata Djoko, Sabtu (6/6/2020).

Dia menambahkan, mulai malam ini pengguna jalan yang menuju arah Cikampek dapat kembali mengakses Jalan Tol Elevated dari arah Rorotan maupun dari arah Jatiasih Jalan Tol JORR serta dari arah Cawang Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Sementara itu, untuk pengguna jalan yang menuju arah Jakarta bisa kembali mengakses Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai besok malam, dan keluar ke arah Cawang melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau keluar ke arah Jatiasih dan arah Rorotan melalui Jalan Tol JORR," ucap Djoko.

2 dari 3 halaman

Patuhi protokol kesehatan

Tol Jakarta-Cikampek
Perbesar
Suasana lalu lintas jalan tol Jakarta - Cikampek menuju Jakarta terpantau padat karena penyempitan proyek tol di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/5/2020). H - 4 menjelang Lebaran, kondisi lalu lintas jalan tol Jakarta - Cikampek terlihat ramai lancar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jasa Marga mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi anjuran dari pemerintah agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dalam beraktivitas.

Untuk mengetahui informasi lebih terkini terkait jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga, pengguna jalan tol juga dapat mengakses Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Sebelumnya, Jasa Marga menutup sementara jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated II, Jumat (24/4/2020). Penutupan dilakukan untuk mendukung pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri 1441 H, yang diberlakukan di tiga titik.

Humas Regional JTT Division 1 Jakarta-Cikampek, Hendra Damanik, mengatakan penutupan sementara tol menindaklanjuti surat Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Penutupan sementara ini berlaku untuk kedua arah, baik Jakarta dan Cikampek.

"Penutupan sementara Tol Jakarta-Cikampek Elevated ini kita sosialisasikan melalui Variable Message Sign (VMS) yang ada di Tol Jabotabek, juga di akun media sosial Jasa Marga," kata Hendra saat dihubungi Liputan6.com.

Adapun rincian penutupan, yakni akses masuk Tol Jakarta-Cikampek Elevated II dari Tol JORR (dari arah Rorotan maupun Jatiasih), akses masuk Tol Jakarta-Cikampek II Elevated dari Tol Jakarta-Cikampek Bawah (dari arah Cawang maupun Cikampek), Gerbang Tol (GT) di jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, antara lain GT Cikunir 6 (arah Jatiasih) dan GT Cikunir 8 (arah Rorotan).

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓