Sukses

Kepala Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo Salat Jumat dengan Protokol Kesehatan

Semua jemaah salat Jumat juga membawa sajadah masing-masing, sebagaimana protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo melaksanakan salat Jumat berjemaah di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jumat (5/6/2020). Kepala BNPB itu mengikuti protokol kesehatan selama salat.

Doni dan jemaah lainnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Terlihat, Doni dan jemaah lainnya menggunakan masker. Selain itu, saf juga berjarak.

Semua jemaah salat Jumat juga membawa sajadah masing-masing, sebagaimana protokol kesehatan. Selain itu, tidak ada karpet yang biasanya menempel di lantai.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan memutuskan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Panjang (PSBB) dengan status transisi menuju tatanan normal baru. Masa transisi PSBB di Jakarta dimulai hari ini, Jumat (5/6/2020).

Tempat-tempat ibadah di Jakarta pun telah diizinkan buka dan beraktivitas kembali, namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Masyarakat di Jakarta pun mulai melaksanakan salat Jumat di masjid. Seperti di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan. Salat di masjid ini diikuti oleh mantan Wapres Jusuf Kalla. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fatwa MUI soal Salat Jumat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang penyelenggaraan salat Jumat dan jemaah untuk mencegah penularan wabah Covid-19. Hal ini menyusul keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membolehkan salat Jumat dilakukan per hari ini.

Fatwa MUI bernomor 31 Tahun 2020 yang diterima Liputan6.com, Jumat (5/6/2020) ditandatangani Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF dan Sekretaris HM Asrorun Ni'am Sholeh. Fatwa itu menjelaskan tentang ketentuan umum penyelenggaraan salat Jumat. Yang pertama terkait dengan saf salat jemaah.

Disebutkan, meluruskan dan merapatkan saf (barisan) pada salat berjemaah merupakan keutamaan dan kesempurnaan berjemaah. Namun untuk kondisi pandemi Covid-19 saat ini, ketentuan tersebut dapat dikecualikan.

"Salat berjamaah dengan saf yang tidak lurus dan tidak rapat hukumnya tetap sah tetapi kehilangan keutamaan dan kesempurnaan jemaah," tulis fatwa tersebut.

"Untuk mencegah penularan wabah Covid-19, penerapan physical distancing saat salat jemaah dengan cara merenggangkan saf hukumnya boleh, salatnya sah dan tidak kehilangan keutamaan berjemaah karena kondisi tersebut sebagai hajat syar'iyyah," jelas fatwa itu.

Kemudian terkait pelaksanaan salat Jumat, disebutkan dalam fatwa MUI pada dasarnya salat Jumat hanya boleh diselenggarakan satu kali di satu masjid pada satu kawasan. Namun jika jemaah salat Jumat tidak dapat tertampung karena adanya penerapan physical distancing, maka boleh dilakukan ta'addud al-jumu'ah (penyelenggaraan salat Jumat berbilang) dengan menyelenggarakan salat Jumat di tempat lainnya seperti musala, aula, gedung pertemuan, gedung olahraga, dan stadion.

"Jemaah boleh menyelenggarakan salat Jumat di masjid atau tempat lain yang telah melaksanakan salat Jumat dengan model shift, dan pelaksanaan salat Jumat dengan model shift hukumnya sah," kata fatwa ini.

Kemudian, penggunaan masker yang menutup hidung saat salat hukumnya boleh dan salatnya sah karena hidung tidak termasuk anggota badan yang harus menempel pada tempat sujud saat salat.

"Menutup mulut saat salat hukumnya makruh, kecuali ada hajat syar'iyyah. Karena itu, salat dengan memakai masker karena ada hajat untuk mencegah penularan wabah COVID-19 hukumnya sah dan tidak makruh," demikian Fatwa MUI tersebut.

MUI juga merekomendasikan agar pelaksanaan salat Jumat dan jemaah perlu tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, membawa sajadah sendiri, wudlu dari rumah, dan menjaga jarak aman. Selain itu, khatib juga diminta memperpendek khutbah Jumat dan memilih bacaan surat al-Quran yang pendek saat salat.

"Jemaah yang sedang sakit dianjurkan salat di kediaman masing-masing," demikian anjuran dari MUI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.