Sukses

Doni Monardo Imbau Pasien Sembuh Covid-19 Donor Plasma Darah

Doni mengklaim cara itu sudah dilakukan Kementerian Kesehatan dan diakui beberapa lembaga Internasioanal.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengimbau pasien positif yang sudah sembuh dari corona agar mendonorkan plasmanya kepada Dinas Kesehatan. Hal tersebut akan jadi harapan baru untuk pengobatan.

"Jadi semua warga negara masyarakat kita yang telah sembuh diharapkan bersedia untuk mendonorkan plasmanya kepada dinas Dinas Kesehatan," kata Doni dalam siaran telekonference, Kamis (4/6).

Tidak hanya itu, Doni juga sudah meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa agar mengingatkan warganya yang sudah sembuh agar mendonorkan. Dia menjelaskan terdapat 2.500 pasien di Jakarta dan 699 di Jatim sudah sembuh.

"Kami sudah mengimbau tadi malam juga vicon dengan Gubernur DKI ada sekitar 2.500 keluarga yang telah sembuh dari covid , nah diharapkan mereka bersedia untuk menyumbangkan plasmanya. Demikian juga di Jawa Timur ada 699 orang pasien positif yag sudah sembuh. Mereka sudah kembali ke masyarakatnya ini juga kita himbau," ungkap Doni Monardo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Sesama

Dia menjelaskan hingga saat ini belum ditemukan vaksin corona. Oleh sebab itu, dengan mendonorkan plasma adalah salah satu cara untuk membantu satu sama lain. Doni mengklaim cara itu sudah dilakukan Kementerian Kesehatan dan diakui beberapa lembaga Internasioanal.

"Valescent dan kita dorong terus supaya pakar kita ahli-ahli kedokteran kita ahli kesehatan kita semakin banyak yang memiliki kemampuan untuk terapi plasma ini," jelas Doni.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.