Sukses

Fraksi PPP Minta Pemerintah Tegas ke Pengusaha Terkait Protokol Covid-19

Selain tidak abai pada protokol kesehatan Covid-1 menjelang new normal, Fraksi PPP juga mengingatkan agar pemerintah mampu mencegah perluasan PHK.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi alias Awiek meminta pemerinta pusat memberikan aturan tegas kepada pengusaha terutama soal protokol kesehatan Covid-19. 

"Pemerintah harus memastikan pihak-pihak yang terlibat dalam dunia usaha mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan yakni jaga jarak, memakai masker dan sering cuci tangan," kata Awiek di Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Untuk itu, lanjut Awiek, perlu adanya ketegasan pemerintah agar tidak ada lagi yang abai pada protokol kesehatan Covid-19. 

Selain itu, menjelang new normal, Fraksi PPP juga mengingatkan agar pemerintah mampu mencegah perluasan pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Konsekuensi jaga jarak, maka dikhawatirkan akan terjadi pengurangan tenaga pekerja yang berimbas pada PHK. Karena itu negara harus hadir melindungi pekerja dan jangan sampai PHK meluas," jelasnya. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Jam Kerja Bergilir

PPP lantas mengusulkan adanya shift-shift atau pengaturan jam kerja bergilir untuk meminimalisir gelombang PHK.

"Perlu alternatif lain seperti membuat jam operasional diperpanjang dan pekerja bergiliran sehingga PHK bisa diminimalisasi," ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.