Sukses

Hari Lahir Pancasila, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Perkokoh Persatuan

Jokowi mengatakan, Pancasila harus menjadi nilai yang terus hidup dan bekerja dalam kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak masyarakat untuk terus memperkokoh persatuan. Hal itu disampaikannya saat pidato peringatan Hari Lahir Pancasila di Istana Bogor, Jawa Barat.

"Saya juga mengajak seluruh elemen bangsa dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan," kata Jokowi, Senin (1/6/2020).

Jokowi mengajak bangsa saling membantu, saling menolong, saling bergotong royong serta selalu optimistis bahwa Indonesia bangsa pemenang dalam menghadapi tantangan yang mengadang.

"Pancasila harus menjadi nilai yang terus hidup dan bekerja dalam kehidupan kita, nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, nilai yang hidup terus bergelora semangat rakyat Indonesia," ucapnya.

Jokowi juga mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan dan untuk melayani masyarakat.

"Tanpa membedakan bedakan kelompok, ras dan agama serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi bangsa sleuruh tumpah rakyat Indonesia," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelemahan bukan halangan

Jokowi menambahkan, kekurangan dan kelemahan bangsa bukanlah halangan untuk terus maju. Selain harus sama-sama diperbaiki, kekurangan dan kelemahan harus dijadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan agar menjadi bangsa yang kuat, mandiri dan berdiri di atas kaki sendiri.

"Mari kita terus memperkokoh persatuan, mari kita peduli dan berbagai untuk sesama, mari kita tunjukkan adalah bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi tantangan, tetapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi lompatan kemajuan," tuturnya.

"Selamat Hari Lahir Pancasila, mari kita saling bersatu, saling peduli dan selalu berbagi untuk kemajuan untuk negeri kita tercinta ini," pungkas Jokowi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.